Allah selalu ada saat tak ada orang lain di sekitarmu, selalu mendengar saat tak ada yang mendengarmu.

image

Sumber gambar: facebook

Muroqobah (Mawas Diri pada اَللّهُ)

Saudaraku, hendaklah kita slalu mawas diri kepada Allah swt dalam setiap aktifitas kita. Dan hendaklah kita sadar bahwa Allah selalu berada di dekat kita.

Dan Allah swt selalu mengetahui dan mengawasi segala gerak-gerik kita. BagiNya tak ada sesuatu yang rahasia dan samar. Makhluk sekecil apapun yang ada di bumi dan langit tak akan pernah lepas dari pengawasanNya.

Ingatlah !!
Bahwa DIA senantiasa mengetahui apa yang kita bicarakan, baik kita bersuara keras maupun lirih. Dimana saja kita berada, DIA slalu mengawasi kita, dan DIA lah Yang Maha Kuasa.

Hendaklah kita malu kepadaNya. Kerjakanlah perintah-perintahNya dan jauhi segala laranganNya serta beribadahlah kepadaNya seakan-akan kita melihatNya. Dan apabila engkau tidak melihatNya, ketahuilah bahwa DIA selalu melihatmu.

Dan jika di dalam hati kita timbul rasa malas pada ketaatan dan cenderung mengerjakan kemaksiatan, katakan pada nafsumu ; “Hai nafsu !! Sesungguhnya Allah swt slalu mendengarmu, melihatmu, dan mengetahui segala rahasia dan bisikanmu!”

Dan ingatkanlah dengan firman Allah swt ini, “Ketika dua malaikat yang mencatat amal duduk di sebelah kanan dan di sebelah kiri. Tidaklah perkataan yang dikeluarkan seseorang melainkan di sisinya ada dua malaikat pengawas yang selalu hadir” (QS. Qaaf, 17-18).

Muroqobah termasuk dalam kedudukan terpuji, pangkat yang paling mulia dan derajat yang paling tinggi. Muroqobah juga termasuk pada Maqom Ihsan, seperti yang disabdakan oleh Rasulullah saw.

“Ihsan ialah pengabdian pada Allah swt seakan-akan engkau melihatNya. Walaupun engkau tidak melihatNya, maka sesungguhnya DIA melihatmu” (HR. Muslim dari Sahabat Umar bin Khattab RA).

صــدق اللــه العــظيم وصــدق رســول اللــه النبي الحبيبـــ الكريــــــم

Risalatul Mu’awanati wal Muzhaharati wal Muaazarati”, karya Sayyidinal Imam Al-Qutbh, Al-Habib Abdullah bin Alwy Al-Haddad RA

Selamat Pagi, selamat beraktifitas buat Ibu-ibu Hajjah nan Sholehah, semoga Allah melimpahkan BarokahNYA. آمِينْ يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ

Kiriman: Mbak Mitri
Group Haji Balda 2014

Terima kasih banyak, Mbak.

Dan ingatlah bahwa kita tak pernah sendiri. Di saat segala kesulitan, Allah selalu ada untuk membantu. Allah mendengar kita lebih dari kita mendengarNya. Sudahkah mulut kita selalu berdoa?

🌴🌾🌴🌾🌴🌾🌴🌾🌴

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s