Diberi bencana? Selamat… Anda diterima di pendidikan khusus dari Allah

image

Sumbee: laman facebook Dr Wayne W Dwyer

Tak ubahnya seperti pelatih renang yang menceburkan anak didiknya ke dalam air agar dia mengerahkan kemampuannya menjadi perenang andal. Demikian pula tatkala Allah Swt. mencintai seorang hamba dan hendak mengantarkannya kepada kesempurnaan, DIA akan menenggelamkannya dengan berbagai cobaan.

Kesulitan adalah sarana pendidikan bagi manusia. Seperti gerinda yang membuat besi dan baja menjadi tajam, semua kesulitan akan membuat membuat seseorang lebih bertekad, aktif dan andal.

Seringkali kita temui kejadian ketika seseorang dalam kondisi ‘nyaman’ secara finansial (materi), tiba-tiba ada kejadian yang mengakibatkannya harus hidup serba pas-pasan. Walaupun dirasa berat, namun lama kelamaan cobaan ini akan menjadikannya kreatif dan produktif serta tangguh menghadapi berbagai kesulitan. Jika sebelumnya acuh tak acuh atas rezeki mobil mewahnya, ia akan bersyukur bisa naik busway.

Untuk tahu nikmatnya kehangatan, ia harus merasakan tajamnya dingin. Untuk tahu nikmatnya lari-lari mengejar bis, ia harus tahu penatnya terbaring sakit di tempat tidur, dan seterusnya. Banyak orang depresi dari kalangan masyarakat yang bergelimang kemewahan, karena mereka tidak bisa memersepsi cita rasa dan nilai kehidupan dan indahnya alam ini.

Cobaan merupakan kenikmatan yang ditampakkan dalam bentuk musibah. Seperti halnya musibah yang kadang ditampakkan kepada kita dalam bentuk rahmat. Karenanya kita wajib bersyukur atas cobaan itu.
Bersyukur karena Allah akan menjadikan kita manusia yang semakin sempurna dengan cobaan-cobaan tersebut dan utamanya bersyukur karena DIA sedang ‘berkomunikasi’ dengan kita.

..”Sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan..” (QS Al-Insyirah)

‘Bersama’ bukan ‘setelah’ ! Ini perlu kita perhatikan. Bahwa kemudahan berdampingan dengan kesulitan.

Mari kita nikmati hidup yang penuh syukur dan produktifitas

(Oleh Sagaf Basry, disarikan dari Keadilan Ilahi oleh Murtadha Muthahhari. Untuk teman-temanku yang dalam kesulitan, selain doa, semoga tulisan ini bisa sedikit membantu..)

Terima kasih banyak, Bang Sagaf.
Semoga kita semua selalu mensyukuri semua cobaanNya.

Aamiin yra.

🌷🌻🌷🌻🌷🌻🌷🌻

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s