Sudahkah kita memiliki banyak teman yang membawa ke surga? Yang berkah, saling mengingatkan di jalanNya? Atau teman yang membawa ke neraka?

image

Sahabat bloggers,
siapakah teman-teman yang benar-benar “blessed” atau “berkah” seperti yang disebut dalam gambar di atas?

Kita simak kiriman Mbak Lyra ini yuk..

🍓🍄🍓🍄🍓🍄

7 macam persahabatan, namun hanya 1 yang sampai hingga Akhirat.

🍒 1. “Ta’aruffan”, adalah persahabatan yang terjalin karena pernah berkenalan secara kebetulan, seperti pernah bertemu di kereta api, halte, rumah sakit, kantor pos, ATM, bioskop dan lainnya.

🌲 2. “Taariiihan”, adalah persahabatan yang terjalin karena faktor sejarah, misalnya teman sekampung, satu almamater, pernah kost bersama, diklat bersama, sekolah bersama dan sebagainya.

🌸 3. “Ahammiyyatan”, adalah persahabatan yang terjalin karena faktor kepentingan tertentu, seperti bisnis, politik, boleh jadi juga karena ada maunya dan sebagainya.

🍉 4. “Faarihan”, adalah persahabatan yang terjalin karena faktor hobbi, seperti teman futsal, badminton, berburu, memancing, dan sebagainya.

🌻 5. “Amalan”, adalah  persahabatan yang terjalin karena satu profesi, misalnya sama-sama dokter, guru, dan sebagainya.

🌾 6. “Aduwwan”, adalah seolah sahabat tetapi musuh, didepan seolah baik tetapi sebenarnya hatinya penuh benci, menunggu, mengincar kejatuhan sahabatnya…
“Bila engkau memperoleh nikmat, ia benci, bila engkau tertimpa musibah, ia senang” (QS 3 : 120).

🌷 7. “Hubban Iimaanan”, adalah sebuah ikatan persahabat yang lahir batin, tulus saling cinta dan sayang karena ALLAH, saling menolong, menasehati, menutupi aib sahabatnya, memberi hadiah, bahkan diam-diam dipenghujung malam, ia doakan sahabatnya.
Boleh jadi ia tidak bertemu tetapi ia cinta sahabatnya karena Allah Ta’ala.

Dari ke 7 macam persahabatan diatas, 1 – 6 akan sirna di akhirat. Yang tersisa hanya ikatan persahabatan yang ke 7, yaitu persahabatan yang dilakukan karena Allah…

“Teman-teman akrab pada hari itu (Qiyamat) menjadi musuh bagi yang lain, kecuali persahabatan karena Ketaqwaan” (QS 43 : 67).

Selalu saling mengingatkan dalam kebaikan dan kesabaran.

🌷🌾🌷🌾🌷🌾

Setiap hari aku pun berdoa, semoga kita semua diberikah Allah dengan teman-teman yang sholeh dan sholehah sebanyak-banyaknya di seluruh dunia. Aamii  yra.

Teman-teman inilah yang akan bersama saling mengingatkan dan berupaya membawa teman yang lain ke surga, berlomba dalam meraih ridloNya.

🌷🌾🌷🌾🌷🌾

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s