Skip to content
Advertisements

Kelompok manusia yang diberi anugerah

image
Masjid Nabawi

Assalamu’alikum

Dalam riwayat, salah seorang sahabat dari kaum Anshar datang menemui Rasulullah dangan amat sedihnya. Nabi bertanya:
“Mengapa kamu bersedih?”
Dia menjawab:
“Ada sesuatu yg kupikirkan, kami melihat wajahmu dan duduk bersamamu setiap pagi dan petang, tapi di hari kiamat esok engkau akan bersama para nabi lainnya sehingga kami tidak akan lagi bersamamu.”

Mendengar keluhan itu Rasulullah terdiam, tak lama kemudian malaikat Jibril datang membawa pemberitahuan dari Allah. Dan Rasulullah pun membacakan:

“Dan barangsiapa yang menataati Allah dan Rasul, maka mereka itu akan bersama-sama orang yang dianugerahi nikmat oleh Allah, yaitu nabi-nabi, shiddiqin, syuhada dan orang-orang shaleh. Dan mereka itulah teman yang sebaik-baiknya. Yang demikian itu adalah karunia dari Allah dan cukuplah Allah Maha Yang Maha Mengetahui.” (An Nisa : 69-70)

Sahabat.. Bila kita perhatikan ayat diatas, maka bisa kita sedikit pahami bahwa orang yang taat kepada Allah dan Rasul akan hidup bersama-sama dengan orang yang telah Allah beri nikmat. Adapaun orang-orang yang Allah beri nikmat ada 4 kelompok, yaitu:

🌺 kelompok para nabi-nabi, kelompok para shiddiqin (orang-orang yang benar dan jujur)

🌻 kelompok para syuhada (orang-orang  yang mengorbankan jiwa karena kesaksiannya atas kebenaran dan kebajikan)

🍒 dan yang terakhir adalah kelompok orang-orang shaleh (orang-orang yang tangguh dalam kebajikan dan selalu berusaha mewujudkannya).

Semoga, kita bisa selalu menambah ketaatan kepada Allah dan Rasul, sehingga empat kelompok manusia yang telah diberikan anugerah oleh Allah sebagaimana diterangkan diatas, akan menjadi teman-teman kita. Wallahu a’lam

Jakarta 31 Agustus 2014

eLJe 🙂

🌷🌷🌷🌲🌲🌲🍁🍁🍁

Terima kasih banyak Pak eLJe.
Inilah doaku selalu.. semoga Allah meridloi Surga Firdaus dan tempat terbaik di dalamnya bagi kita semua, di mana kita dapat hidup bersisian dengan junjungan dan panutan kita, Rasulullah saw, nabi dan rasulNya serta semua orang-orang shaleh kekasihNya. Aamiin yra.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: