Skip to content
Advertisements

Catatan haji 17: akhlak mulia adalah kunci keberhasilan dan kepemimpinan. Sudahkah kita belajar dari Rasulullah membangun akhlak mulia?

image

Masjid Nabawi pukul 3.45 pagi.
Koleksi Siraj El Munir Bustami

Setelah usai Haji Wada, kami, jemaah haji Balda, memasuki periode Madinah, mengikuti hadits Rasulullah.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Tidaklah pelana itu diikat –yaitu tidak boleh bersengaja melakukan perjalanan (dalam rangka ibadah ke suatu tempat)- kecuali ke tiga masjid: Masjidil Haram, masjid Rasul –shallallahu ‘alaihi wa sallam- dan masjidil Aqsho” (HR. Bukhari 1189 dan Muslim no. 1397).

Selama empat hari kami menikmati nikmatnya beribadah di Masjid Nabawi dengan nilai 1.000 kali nilai ibadah di tempat lain.

“Shalat di masjidku (Masjid Nabawi) lebih utama daripada 1000 shalat di masjid lainnya selain Masjidil Harom. Shalat di Masjidil Harom lebih utama daripada 100.000 shalat di masjid lainnya.”
HR. Ahmad dan Ibnu Majah no. 1406, dari Jabir bin ‘Abdillah

Di Madinah kami juga menghayati perjalanan dan perjuangan Rasulullah saw. Perjalanan dari Mekah ke Madinah dengan bis makan waktu 5 jam. Kami menyaksikan betapa keras medan padang pasir antara Mekah dan Madinah. Kami bayangkan betapa berat perjalanan Rasulullah saw bersama Abu Bakar ra. Dan kita semua tinggal menikmati hasil perjuangan beliau. Nikmat iman dan nikmat Islam bisa kita rasakan berkat perjuangan beliau.

Allah juga menjadikan Rasulullah saw sebagai contoh akhlak mulia, uswatun khasanah. Kurang apa coba, manual hidup Allah berikan dalam Quran, petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis nya Allah kita dapatkan dari hadits, dan contoh kongkrit diturunkan dalam wujud seorang Rasul akhir zaman.

Al-‘Aĥzāb:21 – Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah.

“Setiap ummatku akan masuk surga kecuali yang enggan. (Lalu) dikatakan kepada beliau: ‘Siapa yang enggan itu wahai Rasulullah ?’ Maka beliau menjawab: ‘Barangsiapa mentaati aku ia pasti masuk surga, dan barangsiapa yang mendurhakaiku maka ia enggan (masuk surga).” [Shahih Bukhari: 7280]

Sesungguhnya teladan ini Allah turunkan untuk menjadi pegangan umat manusia mencapai keberhasilan dunia dan akhirat. Benar sekali, bukan hanya sukses akhirat tapi juga dunia. Seorang imam besar Katolik Ortodox mengamini hal ini. Umat yang memiliki akhlak mulia lah yang akan mampu memimpin dunia.

Kita simak kata-katanya yuk.

🌷🌲🌷🌲🌷🌲

IMAM BESAR KATOLIK ORTODOX (Dimitriv Smirnov)

Ia mengatakan masa depan Rusia akan mnjadi milik pemeluk islam yang disampaikan di hadapan ratusan jemaatnya

“Kalian lihat…ketika umat islam merayakan hari besar keagamaannya tidak satu pun orang yang berani melewati mereka karna di seluruh dunia di masjid-masjid dan jalan-jalan kota dipadati jutaan ribu umat islam yang sedang bersujud kepada Tuhannya..”

“Saksikanlah..barisan juta umat manusia yang beribadah dengan sangat teratur dan mengikuti shaf mereka masing-masing dan hal itu tidak perlu diajarkan…mereka berbaris dengan tertib tanpa harus di perintah.”

“Lalu dimana kalian..melihat pemeluk kristen seluruh dunia bisa beribadah bersama dan hal itu tidak ada dalam kristen..kalian tidak akan pernah melihatnya,” ujar Imam besar katolik ortodok di depan ratusan ribu jemaatnya seperti dikutip dari The World Buletin News-Rusia

“Lihatlah mereka orang muslim kerap membantu dengan sukarela tanpa berharap imbalan tapi pemeluk kristen malah sebaliknya.”

“Kalian tanyakan pada wanita tua itu (sambil menunjuk wanita yg lumpuh yg berada di gerejanya) menurut wanita tua itu seorang pengemudi muslim sering mnyediakan jasa transportasinya utk mngantarnya ke gereja di mokswa.”

“Dan tiap wanita tua itu ingin memberinya upah tapi pengemudi muslim selalu menolaknya dengan alasan bahwa islam melarang mngambil upah pada wanita lansia, jompo, dhuafa dan anak-anak yatim di berbagai panti dan yayasan.”

“Dengarkanlah persaksiannya padahal wanita tua itu bukan ibu atau kerabatnya tapi pengemudi muslim mengatakan dalam islam wajib mnghormati orang yang lebih tua apalagi orang tua yang lemah dan tak berdaya trsebut.”

“Keikhlasan pribadi pengemudi muslim tersebut tidak ada ditemukan dalam pemeluk kristen yang mengajarkan kasih..tapi pengemudi kristen bisa tanpa belas kasih meminta upah atas jasa transportasinya pada wanita tua itu..dia mengatakan layak mndapat upah karna itu adalah profesinya sebagai jasa transportasinya.”

“Seorang muslim justru lebih dekat dgn sang mesiah tapi orang kristen hanya ingin uang..apakah kalian tidak merasakan?”

“Bagaimana dalam prosesi penebusan dosa siapa saja harus membayar pada pendetamu entah itu miskin atau manula wajib memaharkannya sebagai ritual pengampunan dosa.”

Ratusan jemaat yang mengikuti misa imam besarnya hanya terdiam dan merenung.

“Saksikan juga..seorang muslim tidak tertarik untuk mengambil upah pada orang-orang lansia. Mereka begitu ikhlas dengan sukarela mmbawakan barang-barang serta belanjaan wanita tua itu sampai sang wanita tua itu hendak berdoa ke gereja sang pengemudi muslim setia antar jemput wanita tua itu.”

“Inilah kenapa saya mengatakan masa depan Rusia akan menjadi mayoritas pemeluk Islam dan negri ini akan mnjadi milik islam. Kalian lihat pribadi yang berbudi luhur dan santun mampu mmbuat dunia tercengang ternyata akhlak muslim lebih mulia daripada jemaat kristen.”

“Kalian mndengar bahwa islam dituduhkan sebagai agama teroris tapi itu hanya isu belaka yang pada kenyataannya umat islam lebih mngedepankan tata krama serta kesopanan.”

“Walau mereka difitnah sebagai teroris tapi populasi jumlah mualaf di Eropa dan Rusia makin ramai berdatangan ke tempat ibadah orang muslim untuk memeluk islam karena para mualaf tahu betul bahwa islam tidak sekejam yang dunia tuduhkan.”

“Sekarang dan selamanya di masa depan Rusia akan milik umat islam. Di masa depan adalah kembalinya kejayaan islam. Lihat populasi muslim di Rusia telah brjumlah 23 juta dan pemeluk kristen mengalami penurunan mnjadi 18 juta lalu sisa yang lainnya masih tetap komunis.”

“Ini sebuah fakta bahwa islam sekarang menjadi agama terbesar di Rusia. Di utara bekas pecahan negara Uni Soviet mayoritas muslim yaitu republik Chechnya, Tarjikistan, Kajakhstan, Uzbeckistan dan Dagestan. Lalu umat islam telah menjamah di kota-kota besar Rusia termasuk moskwa”

Ia mengakhiri khutbahnya dan turun ke mimbarnya dengan mata yang berair serta para jemaatnya masih terpaku dan haru. Tidak menyangka seorang imam besar katolik bisa mengagungkan orang muslim. Sebagian jemaat ada yang menangis melihat cara ajaran islam ternyata berbudi luhur dan tidak layak di sebut teroris..

Dari kiriman ustadz abu saad

Untuk yg mau nonton langsung video nya silakan tonton “Russian priest praises Muslims قس روسي يشيد باخلا…” di YouTube – Russian priest praises Muslims قس روسي يشيد باخلا…:

Tambahan:
Dakwah islam dimenangkan Allah melalui akhlaq mulia, amal shalih dan komitmen pemeluknya terhadap ajaran Islam (seperti menjaga shalat berjamaah), bukan dengan hinaan, menebarkan teror dan ancaman. Semoga menjadi pelajaran untuk kita semua.

Dari group WA YKM FEUI.

🌲🌷🌲🌷🌲🌷

Subhanallah …
Jadi marilah kita bertanya kepada diri kita sendiri:

🌻 Sudah seberapa jauh kita mengambil teladan akhlak Nabi Muhammad saw?

🌻 Seberapa penting bagi kita meneladani akhlak Nabi Muhammad saw?

🌻 Seberapa besar komitmen kita mengadopsi akhlak mulia junjungan kita Nabi Muhammad saw?

🌻 Apa hambatan yang selama ini membuat kita belum menjalani contoh dan teladan beliau?

🌻 Apa yang dapat kita lakukan untuk mengatasi hambatan-hambatan itu?

🌻 Apa manfaat yang dapat kita berikan kepada keluarga kita, keluarga besar dan masyarakat apabila kita dapat meneladani akhlak mulia Rasulullah saw?

🌻 Hari ini hal terkecil apa yang dapat kita lakukan untuk meneladani akhlak mulia Nabi Muhammad saw?
Besok?
Minggu ini?
Bulan ini?

Yuk, kita mulai dengan hal yang kecil, mudah, sekarang dan di tempat ini.
Insya Allah berkah.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: