Catatan haji 16: dari seorang Mualaf Bali

image

Mbak Ayu di Nabawi

Bismillahirrohmanirrohim…. “Alhamdulilah nikmat iman, nikmat Islam, nikmat sehat, nikmat rizky,” begitu isi status yang paling sering saya cantumkan di BBM. Dan isi status tersebut diungkapkan oleh Ustadz Abdul Halim, selesai sholat ashar di Azizah, Senin, 6 Okt 2014 di Azizah.

Mimpikah saya?  Saya ga mimpi… ya Allah, tidak ada habis-habisnya kata-kata pujian yang hamba-Mu ini panjatkan hanya untuk-Mu…” Dan jika kalian menghitung nikmat Allah, niscaya tiada mampu kalian menentukan jumlahnya” (QS.an-Nahl:18).

Saya ingat ketika sore hari sedang Khatam Al-Quran, datang surat mengenai keberangkatan haji dari Balda dan …tangispun pecah…..

“Ya Allah, aku penuhi panggilanMu, kebahagian dariMu, seluruh kebaikan ada padaMu, cinta hanya untukMu. Labbaik wasa daik wal khaira kulluhu biya daika warraghbu ilaik…. ”

Dimulai pada hari Minggu, tanggal 21 September 2014, bersama-sama dengan jamaah haji lainnya dari Balda, berangkat menuju Baitullah. Menjalani hari-hari dengan jamaah Balda lainnya, dimulai dari perkenalan menjadi keakraban (In Syaa Allah menjadi saudara sampai tua), begitu juga dengan jamaah lainnya dari berbagai bangsa, yang memerlukan toleransi, tenggang rasa dan kesabaran, itulah esensi dari haji selain fokus beribadah.

Kapan lagi merasakan nikmatnya berdesakkan, kepala kesenggol orang, tempat sholat direbut jamaah lain, antrian panjang… Alhamdulilah…

Tidak terasa, tinggal 1 minggu lagi berada tanah suci,  ada rasa sedih luar biasa mengingat kebersamaan dengan teman-teman akan berakhir. Kebersamaan sholat berjamaah, mendengar tausiyah Pak Kiai yang sarat pesan (semoga bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari), makan bersama (nikmatnya masakan pak Umar), ngumpul di kamar sampai tengah malam (kebetulan dapat kamar yang ga pernah sepi pengunjung, karena ada Teh Maria dan Mb Mitri hahaha), mencoba khimar baru, ketawa bareng, diskusi agama (paling seru, berulang kali ngepak barang di koper, antri di kamar mandi…semuanya saya syukuri, sungguh nikmat Allah luar biasa.

Salut dan berterima kasih yang sebesar-besarnya untuk manajemen Balda dan para muttawif yang dengan sigap membantu, menyiapkan, mengatur semua kebutuhan jamaah (In Syaa Allah akan dilipat gandakan pahalanya). Terkesan dengan keberadaan keluarga Ustadz Abdurrohim yang bisa dijadikan panutan, MasyaAllah…

Semoga apa yang saya dapat selama menunaikan haji dapat memotivasi adik saya, Dewa Nyoman Sutana dan semoga Allah memberi hidayah kepada ayah saya dan adik-adik saya lainnya untuk masuk Islam…  Semoga kita semua menjadi haji mabrur..

#Peliharalah ke-Islaman, hiduplah dalam Islam, berjuanglah menegakan syariat Islam, agar meninggal dalam Islam…

Azizah, 7 Okt 2014
Dewa Ayu Putu Sukartini.S.H.,M.Kn

🌷🌲🌷🌲🌷🌲

Terima kasih catatannya, Mbak Ayu. Sungguh tersentuh hati saya melihat kesungguhan Mbak Ayu menjalankan semua proses perjalanan Haji dengan penuh syukur, sabar dan riang gembira. Semoga semua amal ibadah Mbak mendapat ridloNya.

Aamiin yra.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s