Allah tidak menciptakan kemiskinan, hanya kecukupan. Semoga kita bisa mensyukuri apapun yang telah diberikanNya pada kita

image

Sumber gambar: laman facebook Pengusaha Muslim

Sahabat-sahabat blog,

Banyak orang berpendapat bahwa kekayaan bisa membawa kebahagiaan. Sehingga tujuan hidup pun menjadi berubah, hidup tidak lagi ditujukan untuk menggpapai kebahagiaan tapi hidup digunakan untuk mendapatkan kekayaan. Padahal kekayaan hanyalah salah satu hal yang bisa membuat hidup lebih bahagia. Bagi seorang muslim, kebahagiaan hidup yang harus dicapai adalah kebahagiaan hidup di dunia dan diakhirat.

Dalam kehidupan di dunia, Allah memberikan kepada sebagian manusia ‘kekayaan’, dan memberikan kepada sebagian manusia lainnya ‘kecukupan’

Allah berfirman :

“Dan bahwasannya Dia (Allah) yang memberikan kekayaan dan memberikan kecukupan.”
An Najm : 48

Ada beberapa makna yang bisa kita ambil dari ayat diatas:

(1) Bahwa Allah dengan sifatNya yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang, hanya memberikan kita rizki berupa ‘kekayaan’ atau ‘kecukupan.’

(2) Allah tidak memberikan ‘kemiskinan’ kepada kita.

(3) Bahwa kemiskinan yang kita rasakan adalah buah dari perasaan ‘tidak cukup’ atas rizki Allah yang sebenarnya sudah pas takarannya untuk mencukupi hidup kita.

(4) Selalu merasa ‘tidak-cukup’ adalah salah satu bukti bahwa kita termasuk orang yang kurang rasa syukur.

Sahabat-sahabat,
Bila kita tidak mempunyai banyak harta kekayaan, semoga kita bisa menyadari bahwa yang kita miliki sekarang ini adalah sebuah ‘kecukupan’ dari Allah. Sehingga sudah selayaknya manusia muslim tidak menghalalkan segala cara untuk menambah kekayaan, atau paling tidak manusia muslim tidak menjadi manusia yang banyak utang demi memuaskan diri untuk merasa menjadi kaya.

Wallahu a’lam
12 September 2014
eLJe🙂

🌷🌷🌷

Terima kasih banyak Pak eLJe.

Semoga kita semua dapat menghayati intisari dari pesan singkat ini, tidak mengeluhkan kekurangan yang kita rasakan, lebih banyak bersyukur karena banyak orang yang tidak memiliki apa yang kita miliki.

Semoga suatu hari kita dikumpulkan dalam kelimpahan surga FirdausNya, sebagai buah dari rasa syukur dan sabar kita. Aamiin yra.

🌷🌷🌷

4 thoughts on “Allah tidak menciptakan kemiskinan, hanya kecukupan. Semoga kita bisa mensyukuri apapun yang telah diberikanNya pada kita

  1. Assalammualaikum,
    Sebenarnya saya sdh merasa cukup dgn gaji bulanan suami saya yg pekerjaannya PNS,saya sdh mencukupi kebutuhan keluarga sebulan.tapi utang kami bertambah ketika ortu saya sakit(operasi besar)dana tdk bs dicukupi dr tabungan,dan pilihan untuk mempunyai rumah,kl itu bgmn hukumnya?

    Like

  2. Saya terkadang bingung dengan keadaan saya,saya tahu jika saya bersyukur maka Allah akan menambahkan nikmat utk saya,tetapi terkadang saya mengeluh kenapa ini terjadi (kesulitan keuangan).
    Padahal disaat saya sedang ada bahkan lebih (uang saya) saya semakin giat dan senang bersedekah dengan uang yang saya punya.
    Sementara disaat kesusahan uang sperti ini saya berfikir bagaimana ibadah sedekah saya bisa meningkat dan bertambah sedang saya tidak bisa ngasih sedekah lagi,bahkan hutang saya malah bertambah.
    Jadi,bagaimana cara saya bersyukur dengan keadaan saya saat ini?sementara saya masih punya hutang dan lagi saya gak bisa ngasih uang utk membantu keluarga (ibu&adik2 saya) saat mereka membutuhkan uang.
    Terimakasih

    Like

    • Kira-kira apa nikmat Allah yang Mas bisa syukuri sekarang dan tak diberikan Allah pada yang lain?

      Bagaimana kalau semua itu diambil Allah kembali?

      Mata yang bisa melihat?
      Tangan yang bisa mengetik?
      Akses internet?
      Kemampuan membaca blog ini?

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s