Skip to content
Advertisements

Kesabaran Nabi Dzulkifli as membuat setan pun pergi tak kuat mengganggu.

image

Gambar: dari laman facebook The Daily Reminder

Assalamualaikum ww.

Rasulullah saw menyampaikan bahwa iman terdiri atas sabar dan syukur. Allah pun memberi tahu kita bahwa ada beberapa nabi yang sangat sabar dan perlu menjadi contoh:

Dan (ingatlah kisah) Ismail, Idris dan Dzulkifli. Semua mereka termasuk orang-orang yang sabar.
Al-‘Anbyā’:85

Nah di bawah ini ada kisah kesabaran Nabi Dzulkifli as yang mampu membuat setan pergi tak kuat menggoda. Kisah ini dikirimkan oleh sahabatku, Pak Sagaf Basry SS, diambil dari buku Sayid Abd. Dasteghib.

Ketika Nabi Ilyasa as. merasa sudah akan dipanggil Allah Swt., beliau mengambil janji setia sahabatnya untuk menjadi washiy (penerusnya). Salah satu isi janji setia itu adalah tidak boleh marah kepada siapapun, walau pada iblis laknatullah.

Dzulkifli, hamba soleh dan murid terdekat Nabi Ilyasa berbaiat dan berjanji seperti yang diminta itu. Dzulkifli memegang teguh janjinya dan akhirnya sampai pada derajat kenabian. Nabi Dzulkifli as mempunyai kebiasaan beribadah dari malam sampai subuh, tidak tidur sama sekali. Pagi hari ia sibuk dengan pelayanan pada umat. Ketika zuhur, ia pulang dan tidur sejenak sampai sebelum waktu ashar. Selepas ashar, ia kembali melayani umat sampai menjelang malam.

Suatu hari syaitan berniat menggoda kesabaran Nabi Dzulkifli. Syaitan datang ke rumahnya di siang hari yang panas, saat beliau sedang istirahat. Pembantu Nabi Dzulkifli menjelaskan bahwa beliau sedang istirahat dan kembali lagi nanti. Syaitan mulai teriak-teriak, “Tolong aku, aku datang dari jauh tak mungkin kembali lagi. Aku dizolimi oleh si Fulan, Dzulkifli harus membantuku!”

Nabi Dzulkifli akhirnya terbangun. Beliau berkata,”Bawalah cincinku ini pada kawamu, katakan Dzulkifli yang menyuruhnya menunggu hingga esok.” Alhasil, hari itu Nabi Dzulkifli tidak tidur, ia meneruskan tugas melayani umat.

Keesokan hari, pas setelah Zuhur saat Dzulkifli ingin istirahat, syaitan datang kembali. Dzulkifli baru saja berbaring, syaitan menggedor pintunya sambil teriak-teriak lagi. Dzulkifli bangun dan menemuinya dengan sabar, “Kenapa kau tidak datang tadi pagi?” Syaitan berkata, “Kawanku itu tidak mau datang.”

Dzulkifli berkata,”Baiklah, aku buatkan surat agar temanku dan kau datang besok pagi.” Setelah itu Dzulkifli tak tidur, ia kembali mengurus umat.

Hari ketiga, Dzulkifli sudah lemah karena tidak tidur dua hari. Saat itu siang  yang sangat terik, beliau baru  akan istirahat, syaitan kembali mengganggunya, “Temanku itu tak mau datang, ayolah engkau datang bersamaku, pasti masalahnya selesai.” Akhirnya beliau berdiri, memakai tutup kepalanya dan berkata, “Baiklah ayo kita temui temanmu itu.” Saat mereka bersama-sama jalan di bawah sinar matahari yang panas membakar, akhirnya syaitan berputus asa atas kesabaran Dzulkifli dan kabur meninggalkannya.

Nah, sahabat blog sekalian, Allah mengatakan Al-‘Anfāl:66:
Sekarang Allah telah meringankan kepadamu dan dia telah mengetahui bahwa padamu ada kelemahan. Maka jika ada diantaramu seratus orang yang sabar, niscaya mereka akan dapat mengalahkan dua ratus orang kafir; dan jika diantaramu ada seribu orang (yang sabar), niscaya mereka akan dapat mengalahkan dua ribu orang, dengan seizin Allah. Dan Allah beserta orang-orang yang sabar.

Sabar adalah sumber kekuatan luar biasa. Sabar adalah sumber pertolongan dari segala masalah hidup, sumber kemenangan dan sumber kecintaan Allah pada kita, makhlukNya.

Sesungguhnya Aku memberi balasan kepada mereka di hari ini, karena kesabaran mereka; sesungguhnya mereka itulah orang-orang yang menang.
Al-Mu’minūn:111

Dan Dia memberi balasan kepada mereka karena kesabaran mereka (dengan) surga dan (pakaian) sutera.
Al-‘Insān:12

Nah, marilah kita semua berjuang untuk menang dalam hidup di dunia ini dengan melatih kesabaran kita. Semoga Allah meridloi upaya kita dan membukakan pintu Surga FirdausNya bagi kita semua. Aamin yra.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: