Apa yang terjadi saat orang beriman dicabut nyawanya?

image

Gambar: dari laman facebook Dr Billal Phillips.

Assalamualaikum ww.

Sahabatku, manusia yang paling cerdas adalah manusia yang selalu mempersiapkan hari akhirnya. Hari ini saya mendapat pesan dari Mbak Hilda, di group SS: Sehat & Smart, yang diambil dari buku Ziarah ke Alam Barzakh. Kita simak yuk.

💚💛💜

Dari Rasulullah SAW :

Jika Malaikat Maut mau mencabut nyawa orang-orang beriman, ruh itu berkata kepada jasadnya , “Semoga Allah memberikan pahala kebaikan kepadamu karena keberadaanku. Dengan keberadaanku engkau segera berbuat ketaatan kepada Allah dan enggan melakukan kemaksiatan. Hari ini selamat untukmu. Engkau benar-benar telah selamat.” Jasad pun mengatakan hal yg sama kepada ruh.

Ketika nyawa orang itu dicabut, para Malaikat yang berjumlah 500 berdiri di sisi jasadnya. Dari pintu rumahnya para malaikat berdiri berbaris sampai ke kuburnya dan menyambutnya dengan permohonan ampun kepada Allah. Pada saat itu Iblis berteriak keras yang dapat memecahkan tulang jasadnya seraya berucap kepada bala tentaranya “Bagaimana hamba ini bisa selamat dari kalian semua? ”
Bala tentaranya menjawab “Dia itu ma’shum (terlindungi).”

Ketika Malaikat Maut membawa ruh itu ke langit , Makaikat Jibril as menyambutnya bersama 70 Malaikat yang menyertainya yang semua membawa berita gembira pada Tuhannya.

Ketika jasad diletakkan di dalam kubur, shalat datang mengambil tempat di sebelah kanan, puasa di sebelah kiri, Al-Quran dan zikir datang mengambil posisi di sisi kepala, perjalanannya menuju shalat datang dan mengambil posisi di kedua kakinya, kesabaran datang dan berada di tepi kuburannya.

Kemudian Allah membangkitkan sekelompok Azab, ketika datang dari kanan shalat berkata “Mundur dulu ke belakang! Demi Allah dia telah menggunakan umurnya dengan bersungguh-sungguh, dan kini dia beristirahat sejak diletakkan dalam kuburnya.”

Kemudian Azab datang dari kiri, puasa mengatakan hal yang sama. Kemudian dari kepala, hal yang sama juga dikatakan, akhirnya Azab tak dapat mendatanginya dari semua sisi. Selanjutnya Azab keluar dari kubur. Sabar kemudian berkata kepada seluruh amal perbuatan “Mengenai diriku, tak ada larangan bagiku untuk menemaninya, melainkan aku telah melihat apa yang terjadi pada kalian . Jika kalian tak mampu aku akan menjadi temannya, jika kalian sudah cukup baginya aku akan menjadi simpanan baginya ketika berjalan di shirath dan di Mizan .”

Kemudian mereka berkata, “Duduklah,” maka orang itu pun duduk di dalam kuburnya sementara kafannya turun hingga ke pinggangnya dan bertanya, “Siapa Tuhanmu? Apa agama mu? Siapa Nabimu?”

Orang itu menjawab, “Tuhanku Allah, yang tiada sekutu bagiNya, Islam agamaku, dan Muhammad Nabi ku, Nabi terakhir.”
“Engkau benar!” sahut keduanya .

Lalu kedua Makaikat itu mendorong kuburannya, meluaskannya dan berkata “lihat keatasmu” dan pintu surga pun terbuka, “inilah rumahmu, wahai wali Allah, karena ketaatan yang telah engkau lakukan kepada Allah,” dan kebahagiaanpun menyelimutinya.

Lalu kedua Makaikat berkata , “Lihat ke bawahmu”, dan dia melihat pintu neraka terbuka.
“Engkau telah selamat darinya,” ujar kedua malaikat tersebut.

💚💛💜

Semoga kita semua mampu membangun san menjaga tingkat iman Islam yang tinggi, selamat dari azab kubur, dilapangkan kuburnya, dan mendapat ridlo Allah untuk masuk dalam surgaNya.
Amin yra.

8 thoughts on “Apa yang terjadi saat orang beriman dicabut nyawanya?

  1. Subhanallah, trima kasih Indira, semoga kita selalu Istiqomah dan slalu diberi hidayah Allah SWT, Amin ya robbal alamin

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s