Waktu berdoa di bulan Ramadlan

image

Sumber gambar: laman facebook Daily Reminder

Assalamualaikum ww

Sahabat bloggers,
Tadi dalam pertemuan 21 Hari Menuju Surga, Mbak Auk cek berbagai checklist kegiatan yang perlu kita lakukan selama bulan Ramadlan. Saat “kegiatan setelah shalat ashar” ditanya, aku laporan aku mengalami kesulitan karena seringkali masih ada kegiatan. Hanya saru dua hari aku benar-benar konsentrasi menjelang magrib hanya untuk berdoa padaNya. Mbak Auk pun bilang, ya itu pilihan kita masing-masing. Kita yang atur waktunya.
Aku bilang, baca Quran, tafakur, dll tidak harus sebelum Magrib, bisa jam-jam lain kan.
Mbak Auk menjawab bahwa waktu sebelum Magrib itu waktu khusus, manfaatkanlah.
Hmm.. benar sih, aku fikir.

Eh, malam ini Sally kirim pesan mengenai hal yang sama, betapa spesialnya waktu menjelang Magrib. Aku pun terkesiap, tak ada kebetulan. Allah sedang menegurku melalui dua hambaNya ini. Nampaknya aku perlu segera menangkap teguran halusNya ini.

Kita simak yuk pesan Sally. Semoga tulisan ini bisa menjadi kepanjangan tangan Allah menyentuh hati sahabat semua ya. Aamiin yra.

💚💛💜💚💛💜

Ada satu waktu yang mustajab untuk berdoa, dimana doa tak akan ditolak oleh اَللّهُ SWT, yaitu berdoa saat menjelang berbuka puasa sampai dengan adzan maghrib. Sayangnya,  banyak kaum muslimin sering melalaikannya.
Di Mekkah dan Madinah, satu jam sebelum adzan maghrib orang-orang sudah menengadahkan tangan kelangit berdoa untuk kemudahan dari segala hajat, baik hajat dunia maupun akhirat, mereka berdoa dengan syahdu sepenuh keyakinan, sampai-sampai air mata mereka mengalir deras.
Yach, berdoa meminta kepada اَللّهُ  yang Maha Kaya, Maha Pemberi dan Maha Segalanya.

Kesalahan yang dilakukan kaum muslimin kita disini seringkali menyia-nyiakan waktu yang sangat mustajab ini dengan cara ngabuburit menjelang adzan maghrib kemudian berkumpul menghadapi hidangan berbuka dan merasa cukup dengan hanya membaca “dzahaba zhoma’u….”  Padahal hanya mencakup maknanya berupa laporan dan ucapan syukur.

Setelah kita memahaminya, hendaknya minimal 10 ~ 15 menit sebelum adzan maghrib (sudah dalam keadaan berwudhu), kemudian berdoa meminta apa saja (adabnya dengan didahului puji-pujian kpd اَللّهُ  dan bershalawat atas Nabi). اَللّهُ  menggaransi bhw doa-doa tersebut akan dikabulkan..”اَللّهُ  sesuai prasangka hamba kepadaNya.”

Manfaatkanlah waktu tersebut saudaraku, bukan hanya demi santapan berburu makanan saat jelang buka. Berdoalah untuk diri kita, keluarga, orangtua, saudara, negeri kita dan lainnya.

Betapa hebat ummat Rasululloh, bila mereka berdoa kepada Rabbnya disaat menjelang berbuka. Jangan melalaikannya, manfaatkan waktu tersebut.  Waktu habis hanya untuk nonton TV dan media lainnya di waktu-waktu yang mustajab ini: menjelang berbuka dan menjelang sahur dan kita tak sempat untuk berdoa.

Ayo , manfaatkan waktu tersebut.
Ramadhan ini, tak ada lagi TV menyala dirumah saat jelang berbuka dan sahur. Manfaatkan dengan berdoa untuk kebaikan diri, keluarga juga untuk kaum muslimin yang teraniaya diberbagai belahan dunia.
Berdoa agar hidup kita selamat dunia Akhirat, dan selalu ada dalam iman dan taqwa.

Aamiin yra.

4 thoughts on “Waktu berdoa di bulan Ramadlan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s