Tips sehat menjalankan ibadah puasa

Assalamualaikum ww sahabat blogger,

Sahabat Blogger sekalian, Dr. Bilal Phillips mengingatkan melalui laman Facebook beliau bahwa bulan Ramadlan adalah “fasting month” bukan “feasting month,” bulan untuk berpuasa bukan untuk bersantap. Hal ini beliau kemukakan melihat banyaknya orang yang menjalani ibadah puasa tanpa panduan, berlebihan saat sahur dan berlebihan saat berbuka.

Yuk kita bahas beberapa tips, panduan sehat dari Dokter Edy Rizal Wahyudi, SpPD, KGer, FINASIM Divisi Geriatri Departemen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, dikombinasikan dengan pengalaman kami di rumah.🍓

🍄 Insya Allah tips ini juga baik sebagai panduan “gaya hidup sehat” bagi teman-teman yang tidak menjalankan ibadah puasa🌿

☕Saat sahur usahakan untuk membatasi asupan teh dan kopi.Pasalnya, dua asupan ini membuat metabolisme berjalan cepat, sehingga cepat.  mendatangkan rasa haus meski tak berdehidrasi.
Untukku dan suami kopi dan teh memang sudah tidak ada lagi dalam daftar belanja karena sifatnya yang asam. Kami sekeluarga mencoba mengadopsi gaya hidup alkali, dan berusaha semampu kami menghindari makanan/minuman yang asam.

🌸 Biasanya setelah bangun kami langsung minum air alkali yang disiapkan dalam botol berukuran 1 liter, di samping tempat tidur kami. Saya mengisinya dengan perasan jeruk nipis atau lemon untuk mengalkalikan tubuh secara signifikan dan mendetoks racun hasil “bersih-bersih” tubuh selama tidur.
Siapkan botol air minum 1 liter berikutnya sebagai teman shalat tahajud. Minum secara bertahap sebelum sahur. Untuk yang berikutnya ini saya tambahkan madu.

🍭 Sangat dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang lambat dicerna dan memiliki serat yang tinggi. Contohnya gandum, padi-padian, kacang-kacangan, biji-bijian, nasi merah.
Di rumah kami sahur dengan oat meal dicampur dengan kurma, selain segelas jus bit dan wortel. Alhamdulillah kuat sampai magrib.

🐏 Bagi yang belum bisa sahur hanya dengan buah, setidaknya hindari protein hewan saat sahur. Hal ini saya pelajari dari sini: Mengapa Sahur Lebih Baik Minim Protein Hewani.
Susu pun sudah tak ada lagi dalam daftar belanjaan. Alhamdulillah kami sudah bisa membuat susu almond. Enak dan sehat.

🌴Saat berbuka puasa dianjurkan untuk mengonsumsi kurma karena mengandung gula serat, karbohidrat, kalium dan magnesium. Dimana lewat kurma ini kebutuhan nutrisi tubuh yang hilang selama puasa perlahan dipenuhi.

🍌Mengkonsumsi pisang saat berbuka sangat baik bagi tubuh Anda, sebab pisang merupakan sumber kalium, magnesium dan karbohidrat.

🍗Batasi makanan yang digoreng saat berbuka, karena dapat meningkatkan sel-sel lemak dalam tubuh. Hal ini karena seorang yang sudah di usia lanjut cenderung memiliki keluhan penyakit yang disebabkan lemak, seperti penyakit jantung, jantungkoroner dan hipertensi.

🍭Batasi makanan yang lebih cepat dicerna, seperti gula. Hal ini bisa cepat mendatangkan rasa haus ditengah Anda menjalani puasa nantinya.
Kami sama sekali menghindari gula putih karena banyaknya hal negatif terkait gula pasir putih. Kalau sampai … Kalau sampai kami ingin mengkonsumsi yang manis kami menggantinya dengan gula merah atau madu asli.

🌲 Konsumsi air atau jus buah antara berbuka puasa dan sebelum tidur. Hal ini bertujuan untuk menyediakan kebutuhan cairan dalam tubuh untuk Anda lancar beraktivitas esok harinya.

🍦Perbanyak juga air putih, atau air infusi buah. Untuk menyiapkannya, siapkan tempat air 1.5 liter, isi dengan air alkali dan masukkan buah potong. Bawalah botol air ini untuk menjadi teman shalat magrib dan tarawih. Minum air banyak – banyak saat berbuka dan sebelum makan besar. 1 jam setelah makan besar jangan minum air banyak-banyak, karena akan mengganggu pencernaan.  Sayang kan kalau nutrisi tidak terserap sempurna.
Saya juga sering masukkan perasan nipis dalam tempat air itu untuk meningkatkan dampak alkali terhadap tubuh.

🎁 Hindari terlalu banyak makanan es, karena memudahkan Anda kenyang. Dimana asupan makanan gizi yang lengkap akan menurun karena tak bisa masuk dalam tubuh.
Memang air dingin dianggap dapat memuaskan dahaga, namun dampaknya ternyata tak baik bagi pencernaan. Kami selalu berbuka puasa dengan air putih hangat. Enak lho rasanya, sangat nyaman di perut.

🌷🌷🌷 Semangat dan selamat mengawali ibadah puasa dengan sehat… 🍎🍊🍋🍅🍆🍇🍍🍓🍒🍑🍐🍉🍈🍏

2 thoughts on “Tips sehat menjalankan ibadah puasa

    • Shake, PPP bisa diminum sebelum makan sahur dan sebelum makan malam, juga nutrition activator dan fiber. Herbal concentrate, aloe (saya tambah madu) saat shalat tahajud sebelum sahur, Mbak. Ini yang saya jalankan ya.

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s