Capailah tujuan menjangkau surga di bulan Ramadlan

image

Gambar: dari laman facebook Janariah Othman.

Sahabat blog,

Alhamdulillah kita sudah memasuki bulan Ramadlan, bulan suci yang dinanti dan didoakan kedatanganNya sepanjang tahun. Bulan ini adalah bulan suci saat Allah melimpahkan karunia, cinta, kasih, pengampunan dan jalan menuju surgaNya bagi mereka yang menjalankan semua perintahNya dan menjauhkan laranganNya.

Allah ciptakan bulan ini untuk melatih kita mencapai tujuan kita sesuai fitrahNya. Nah gambar di atas mengingatkan kita bahwa kita membutuhkan:
– niat yang teguh untuk menggapai ridlo Allah mencapai tujuan apapun yang ingin kita capai di bulan ini dalam jalanNya.
– bantuanNya. Tanpa kekuatan dan bantuanNya tak akan ada yang dapat kita capai.
– persiapan yang baik sebelum Ramadlan tiba. Dengan demikian saat Ramadlan datang kita sudah menang start.
– sistem yang baik agar kita dapat memantau perkembangan kita menggapai tujuan ini, mengetahui area yang harus diperbaiki dan menentukan strategi jitu setelahnya
support system, teman-teman yang bisa saling mendukung, mengingatkan, memantau perkembangan masing-masing dan menasehati untuk kebaikan agar kita dapat bersama-sama mencapai tujuan.
– komitmen tertulis. Tulis semua tujuan tadi di kertas dan tandatangani.

Aku pribadi merasakan benar bulan ini sebagai bulan pelatihan. Selalu ada ujian, cobaan dan hantaman yang menggoda emosi atau memancing kemarahan. Adaaaa… saja. Kali ini, bahkan saat Ramadlan belum mulai ada saja yang mengilik hati untuk berprasangka, kesal dan jengkel. Ada rasa bersalah, kenapa aku bisa punya perasaan seperti itu. Rupanya ini saatnya Allah mengingatkan aku ini manusia. Aku pun harus ikhlas dan menerima semua rasa negatif yang masuk. Inilah saatnya belajar untuk tumbuh menjadi lebih baik melalui ujian-ujian ini.

Aku pun tahu aku butuh alat untuk bisa mencapai tujuan pelatihan Ramadlanku: fitrah menuju jannah (surga). Alhamdulillah Mbak Auk mengadakan pelatihan 21 Hari Menuju Surga. Di sini diberikan beberapa alat persis seperti gambar yang aku dapat dari sahabatku Jen di atas:
checklist kebiasaan-kebiasaan yang harus dibangun
support system: teman-teman yang mendukung
– komitmen
– internalisasi tujuan

21 hari adalah masa di mana perubahan fisik mental lahir batin dapat terjadi apabila kita sedang belajar paradigma dan kebiasaan baru. Aku pun belajar dari pelatihan Ericksonian Coaching bahwa kita membutuhkan 21 hari untuk secara konsisten memikirkan dan mempelajari sesuatu agar dapat menetap dan terinternalisasi secara efektif.

Di rumah aku memperkenalkan berbagai alat ini dan membangun support system sendiri di rumah. Kusiapkan 3 Ramadlan Diary untukku sendiri, Abang dan Hana untuk memantau kebiasaan baru yang sedang kami bangun ini. Alhamdulillah semua antusias. Wow.. ini berkah benar bagiku. Alhamdulillah ya Allah.

Jadi, sahabat-sahabat blog ku, jangan lupa tetapkan tujuan Ramadlan dan bangunlah sistem untuk mendukung pencapaian tujuan ini. Kata Zig Ziglar, “If you aim at nothing you will hit it (nothing) all the time.” Kalau kita tak punya tujuan, kita tak akan mencapai apa-apa. Insya Allah kita bisa mencapai tujuan-tujuan kita dan merencanakan, menjalankan dan mengevaluasi pencapaiannya. Semoga semua amal ibadah kita berkah, membawa fitrah, menuju jannah. Aamin YRA.

Advertisements

7 comments

  1. […] Silakan menyusun agenda anda sendiri sesuai dengan checklist di atas. Kalau sistematika nya mau disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing, atau menambah daftar kebiasaan lain yang ingin dibangun, silakan. Bagi saya sendiri kebiasaan “menyampaikan walau hanya satu ayat” menjadi satu keharusan dan akan saya tambah. Saya juga akan menambah checklist dari Agenda Ramadlan yang saya dapat dari Mbak Auk Murat dan Mas Wisnu di pelatihan 21 hari menuju surga. […]

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s