Kisah Nabi Yusuf 8 – Paceklik di Mesir

Paceklik pun tiba

Selama tujuh tahun rakyat menikmati panen di seluruh penjuru negeri Mesir. Hasil berlimpah ruah dan rakyat pun dengan senang hati menyimpan hasil gandum mereka sebagai simpanan paceklik.

Suatu malam Yusuf datang ke istana raja memerintahkan Minarus mempersiapkan makanan yang banyak. Ternyata tak lama setelah itu raja bangun merasa sangat lapar. Rupanya itulah pertanda datangnya masa paceklik. Rasa lapar melanda seluruh rakyat Mesir. Tanaman pun mengering di mana-mana. Rakyat pun sadar, termasuk para biarawan Amun, bahwa paceklik yang diamalkan Yusuf telah dimulai.

Yusuf memerintahkan agar semua rakyat Mesir berhenti menanam karena paceklik telah tiba. Data rakyat kaya dan miskin diperiksa kembali untuk menentukan kepada siapa gandum dijual dan kepada siapa diberikan.

Pembagian dan penjelasan gandum pun dimulai. Setiap rakyat diberikan jatah sesuai dengan kontribusinya selama masa panen setiap bulan. Satu lumbung untuk jatah satu tahun.

Pemerataan kesejahteraan di Mesir

Budak tak dapat mengambil sendiri jatah gandum. Setiap majikan harus menanggung hidup budaknya. Budak yang sudah merdeka dan dapat membuktikannya dengan membawa surat merdeka dari tuannya, akan dianggap rakyat miskin dan dianggap budak kerajaan, sehingga kerajaan akan memberikan jatah gandum gratis dan pekerjaan.

Orang kaya yang membayar pajak dapat membeli gandum dengan harga normal, namun mereka yang tak membayar pajak, termasuk kuil Amun, harus membayar tiga kali lipat.

Mereka yang hanya memiliki hewan ternak dan kehabisan uang dapat membayar gandum dengan hewan ternaknya. Hewan-hewan tersebut menjadi milik negara dan dapat diambil sewaktu-waktu.

Dengan cara ini kesejahteraan tersebar merata. Budak-budak dimerdekakan dan mendapat jaminan dari negara, dan orang kaya mulai kehabisan harta membiayai jatah gandum keluarga dan budak-budaknya.

Pemerataan ini makin memperkuat posisi Yusuf sebagai tangan kanan raja yang dicintai dan didukung rakyat Mesir.

Bersambung…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s