Manusia hidup 1,5 menit saja

Tausiyah sebagai bahan renungan tahun baru, (masih) dari eLJe🙂

Sahabat-sahabat,

Tanpa terasa tahun 2013 sudah 2 hari kita tinggalkan. Kehidupan selama tahun 2013 rasanya baru kemarin kita lalui. Dan entah bagaimana nilai kehidupan kita di mata Allah setahun kemarin.

Ada yang merasa tahun kemarin adalah tahun yang berat sehingga terasa lama, dan ada pula yang sangat menikmati kehidupan di tahun kemarin sehingga setahun terasa berlalu dengan cepat. Dan memang begitulah hati manusia menilai terhadap waktu yang sudah dilewati. Ada yang merasa lama dan sebagian ada yang merasa cepat.

Tapi apa-pun itu, kita sebaiknya menyadari bahwa kehidupan kita di dunia ini sangatlah cepat. Allah yang menciptakan kehidupan ini dan bagi Allah 1 tahun yang kita lewati tidak lebih dari 1,5 menit dalam perhitunganNya.

Firman Allah:
“Dia yang mengatur urusan dari langit dan ke bumi, kemudian (urusan) itu naik kepadaNya dalam satu hari yang kadarnya adalah 1000 tahun menurut perhitunganmu” (As Sajdah : 5).

Pertanyaan untuk kita introspeksi diri dari kehidupan di tahun 2013, apakah yang sudah kita isi dalam 1,5 menit? Apakah kita sudah beribadah kepada Allah? Kalau iya, apakah cukup ibadah kita mengharapkan surga dengan ibadah yang sedikit itu? Apakah seimbang ibadah yang sedikit itu dengan segala rizki yang telah Allah berikan?

Ternyata, hanya karena kasih dan sayangNya sajalah kita masih bisa hidup dan menikmati semua semua pemberianNya setahun kemarin.

Atau, apakah kita malah justru berlaku sombong, banyak berbuat maksiat, hidup boros, berzina, menipu, menterlantarkan anak yatim dan menikmati semua rizkiNya tanpa pernah beribadah dan berdoa kepadaNya. Jika itu yg terjadi maka 1,5 menit waktu kita telah kita buang percuma dengan diisi oleh segala dosa yang bisa membawa kita ke neraka.

Mari perhatikan komunikasi antara Allah dan hambanya pada hari hisab, seperti yang tercantum pada surat Al Mu’minuun ayat 112-114 :

(112) Allah bertanya: “berapa tahunkah lamanya kamu tinggal di bumi?”

(113) Mereka menjawab: “Kami tinggal (dibumi) sehari atau setengah hari, maka tanyakanlah kepada orang-orang yang menghitung”

(114) Allah berfirman: “Kamu tidak tinggal (dibumi) melainkan sebentar saja kalau kamu sungguh-sungguh mengetahui.”

Ayat-ayat diatas menjelaskan betapa sesungguhnya manusia sendiri merasakan betapa pendeknya waktu mereka tinggal dibumi, cuma sehari atau setengah hari menurut perasaan mereka. Padahal bagi Allah kehidupan mereka lebih pendek dari itu, hanya sebentar saja.

Sahabat-sahabat,
Dari penjelasan diatas, sekarang semua tergantung kita. Hal apa yang akan kita isi pada kehidupan kita di tahun 2014 ini. Dengan pendeknya kehidupan setahun, yang tak lebih dari 1,5 menit saja, mari kita isi dengan ibadah kepada Allah sambil berharap kasih dan sayangNya sehingga kehidupan kita menjadi berkah dan Allah meridhoi kita untuk menempati salah satu bagian dari surgaNya kelak. Aamiin.

Wallahu a’lam.

One thought on “Manusia hidup 1,5 menit saja

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s