Kewajiban berbakti pada orang tua

Sahabat-sahabat,

Hari ini adalah hari ibu bagi bangsa indonesia. Di hari ini izinkan saya mengajak sahabat-sahabat sedikit membahas tentang perintah Allah dalam Al Quran:

“Dan Kami perintahkan kepada manusia untuk (berbuat baik) kepada dua orang ibu-bapaknya…” (Luqman : 14).

Dari ayat diatas jelas sekali bahwa kita diperintahkan untuk berbuat baik kepada ibu dan bapak kita.
Karena umumnya ibu dan bapak kita adalah orang-orang yang sayang kepada kita sejak kecil hingga dewasa.

Perintah Allah diatas adalah perintah umum, tidak melihat kepada bagaimana cara orangtua menyayangi anaknya. Karena sebenarnya ada 3 macam orang tua yaitu
(1) orangtua yang sayang kepada anaknya di dunia dan akhirat.
(2) orangtua yang sayang kepada anaknya hanya didunia saja.
(3) orang tua yang tidak sayang kepada anaknya baik di dunia maupun diakhirat.

Dua karakter orang tua no (2) dan (3) yang tidak menyayangi anak-anaknya dari segi akhirat, bisa jadi menelantarkan anak-anaknya, tidak memberikan pendidikan agama, tidak mengajarkan ajaran Islam yang luhur, tidak mencontohkan prilaku yang baik dan islami, atau bahkan ada yang mengajak untuk mempersekutukan Allah dengan sesuatu yang lain, bisa berupa berhala-berhala, harta-harta kekayaan, dll.

Kepada orangtua seperti itu Allah tetap memerintahkan kita untuk berlaku baik selama di dunia, sesuai firmanNya:

“Dan jika keduanya memaksamu untuk mempersekutukan Aku dengan sesuatu yang tidak ada pengetahuanmu tentangnya, maka janganlah kamu mengikuti keduanya dan pergauilah di dunia dengan baik…” (Luqman : 15).

Jadi, sebagai anak kita harus tetap menyayangi orangtua kita. Semoga Allah membalas pengorbanan orangtua kita dalam mendidik kita. Dan semoga Allah melapangkan hati kita untuk selalu berbuat baik kepada orang tua kita, tanpa pernah melihat kesalahan-kesalahan yang mungkin telah mereka perbuat. Aamiin.

Wallahu ‘alam.

eLJe
Via Mas Faisal Tjatjo

🍁💐🌸🌷🌹🌻

Terima kasih untuk eLJe dan Mas Faisal yang tak pernah lelah mengingatkan kita. Marilah kita refleksi diri, introspeksi melalui tulisan ini.

Sebagai anak apakah kita sudah menjalankan kewajiban kita? Sudah berbaktikah kita kepada orang tua kita untuk kehidupan dunia dan akhirat? Sudahkah kita mencari surga di bawah telapak kaki Ibu? Akankah kita menjadi teman dan penolongnya memasuki gerbang surga? Atau akankah kita menjerumuskan ayah bunda ke dalam api neraka?

Sebagai orang tua, apakah kita sudah membimbing anak kita agar selamat dunia akhirat? Atau baru kita bimbing untuk sukses dunia? Atau untuk dunia pun kita percayakan pada baby sitter atau Mbak di rumah? Atau kita tidak terlalu yakin juga mereka sudah ada di jalan yang benar atau tidak? Ingatlah anak bisa menjadi penolong di akhirat dengan pengasuhan yang baik, sebaliknya mereka adalah musuh apabila kita tak membuka jalan surga bagi mereka.

Marilah kita bekerja, berdoa dan berupaya sekeras mungkin bagi seluruh anggota keluarga kita, baik orang tua maupun anak dan keturunan kita, untuk menggapai ridloNya memasuki surgaNya, menjauh dari api neraka. Semoga Allah ridloi surga bagi kita semua. Amin YRA.

One thought on “Kewajiban berbakti pada orang tua

  1. Terimakasih,
    Jika kita ingat jasa mereka dan ingat pula apa yang telah dilakukan dengan banyak membangkang dan tak ingat akan jasa serta kerja kerasanya, rasanya amat malu bertemu kedua orang tua walau hanya sebentar..
    Terimakasih atas postingannya..

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s