Khusnul khatimah agar selamat di hari akhir

Pilihan akhir kehidupan dunia

Khusnul Khatimah ialah mengakhiri kehidupan di dunia dalam ketaqwaan, yang pengamalannya terus menerus tanpa henti [Istiqamah].
 
“Khusnul Khatimah bukan diperoleh dengan pengharapan, melainkan dengan perjuangan” [BRH-2010].

Seseorang yang belum mengerti tentang makna kehidupan dapat terlihat dari kesehariannya, hanya mengejar kehidupan dunia yang bersifat material, seolah ia akan hidup selama-lamanya. 

“Tiap-tiap umat mempunyai batas waktu. Maka apabila telah datang waktunya, mereka tidak dapat mengundurkannya barang sesaat pun, dan tidak dapat pula memajukannya” [Al-A’raaf 34].

Khusnul khatimah adalah sebuah pilihan akhir kehidupan dunia, siapa yang mempersiapkan diri untuk kehidupan Akhirat, maka kebahagiaan hakiki akan diperolehnya.

“Celakalah bagi orang-orang kafir karena siksaan yang sangat pedih , yaitu orang-orang yang lebih menyukai kehidupan dunia daripada kehidupan akhirat” [Ibrahim 2-3].

Sebab itu persiapkan diri untuk Kehidupan selanjutnya, kehidupan yang kekal abadi.

“Setiap yang berjiwa akan merasakan Kematian, dan tidak akan disempurnakan balasan kamu melainkan pada hari kiamat” [Ali Imran 185].

Faktor utama untuk menggapai khusnul khatimah adalah iman dan taqwa, dengan mengikuti semua perintahNya yang termaktub dalam Al-Quran.

“Hai orang-orang yang beriman, bertaqwalah kepada Allah sebenar-benar taqwa kepadaNya, dan janganlah sekali-kali kamu mati melainkan dalam keadaan beragama Islam” [Ali-Imran 102].

Ini adalah peringatanNya kepada orang yang beriman agar bertaqwa dengan benar secara terus menerus sampai dengan Akhir Nafas.

“Sesungguhnya orang yang paling mulia diantaramu disisi Allah adalah yang paling bertaqwa. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal” [Al-Hujuraat 13].

Semoga kita dapat mempergunakan waktu dengan sebaik-baiknya dan dapat mengakhiri Kehidupan di dunia ini dalam keadaan khusnul khatimah. Aamiin Yaa Rabbal’alaamiin [BRH]. 

Iman pada Hari Akhir

Al-Quran menjelaskan bahwa kebanyakan manusia memang tidak beriman pada hari akhir.

“Sesungguhnya Hari Kiamat pasti akan datang, tidak ada keraguan tentangnya, akan tetapi kebanyakan manusia tidak beriman” [Al-Mu’min 59].

Al-Quran juga menjelaskan bahwa hari akhir adalah:

• Hari penyesalan bagi orang yang tidak beriman ketika menyaksikan azab yang pedih.

• Hari penyesalan bagi orang beriman karena kurangnya amal shaleh.

Allah berfirman:

“Pada hari itu diberitakan kepada Manusia apa yang telah dikerjakannya dan apa yang telah dilalaikannya” [Al-Qiyamah 13].

“Celakalah bagi orang-orang kafir karena siksaan yang sangat pedih, yaitu orang-orang yang lebih menyukai kehidupan dunia daripada Kehidupan Akhirat” [Ibrahim 2-3].

Sebab itu fahami dan amalkan semua ayat-ayat Al-Quran sebagai wujud dari ketaatan dan kepatuhan pada semua aturanNya.

“Orang-orang yang mendustakan ayat-ayat Kami dan menyombongkan diri terhadapnya, mereka itu penghuni-penghuni neraka, mereka kekal didalamnya” [Al-A’raaf 36].

Untuk kebahagiaan kita kelak, maka perbanyaklah berbuat Amal Shaleh:

¤| Karena penyesalan akhir tiada berguna.

“Ya Tuhanku kembalikanlah aku ke-Dunia, agar aku berbuat Amal yang Shaleh terhadap yang telah aku tinggalkan” [Al-Mu’minuun 99-100].
  

“Ya Tuhan kami, kami telah melihat dan mendengar, maka kembalikanlah kami ke-Dunia, kami akan mengerjakan Amal Shaleh” [As-Sajdah 12].
 

¤| Karena selalu ada harapan kemuliaan di hari akhir.
 

“Orang-orang yang beriman dan beramal shaleh, kelak akan Kami masukkan kedalam surga yang mengalir sungai-sungai didalamnya, mereka kekal didalamnya selama-lamanya. Allah telah membuat suatu janji yang benar. Dan siapakah yang lebih benar perkataannya daripada Allah?” [An-Nisaa 122].

Semoga kita semua termasuk golongan yang beriman pada hari akhir serta selalu berusaha memperbanyak amal shaleh selagi masih ada waktu. Aamiin Yaa Rabbal’alaamiin. BRH

One thought on “Khusnul khatimah agar selamat di hari akhir

  1. Pingback: Catatan haji 14: membangun kebiasaan Muslim yang baik, optimalkan waktu mencapai target hidup | Indira Abidin's Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s