Malu yang penting..

Sahabat-sahabat,

Mari kita coba sedikit membahas sabda Rasulullah yang diriwayatkan Imam at Tirmidzi, sanadnya hasan, dan isinya pasti berguna bagi kita semua. Insya Allah.

Radulullah bersabda: ” Malulah kepada Allah.
Lalu sahabat bertanya :”Kami memang malu dan kami memuji Allah.
Rasulullah menjawab: “Bukan seperti itu, siapa yang benar-benar malu kepada Allah, maka:
(1) jagalah kepala dan segala yang termuat didalamnya.
(2) jagalah juga perut dan segala isinya.
(3) ingatlah selalu akan kematian dan musibah.
(4) dan siapa yang ingin mendapatkan akhirat maka tinggalkanlah hiasan dunia. Siapa yang melakukan itu semua maka ia benar-benar telah malu kepada Allah” (HR Tirmidzi).

Sahabat-sahabat, sangat benarlah apa yang disabdakan oleh Rasulullah, bahwa Allah telah memberikan kita akal untuk berfikir, tapi banyak dari hasil fikiran kita yang justru bersifat mudharat bagi diri sendiri dan alam serta isinya. Bahkan bisa menjauhkan kita dari jalan Allah. Lalu, malukah kita kepada Allah karena hal itu?

Bahwa Allah telah menciptakan kita dengan sempurna, dan mempersiapkan rizkiNya untuk kita, tapi kita memilih jalur haram untuk mendapatkan rizki untuk kita masukkan kedalam perut kita? Lalu, malukah kita kepada Allah karena hal itu?

Bahwa Allah sudah mengingatkan akan kematian yang datang tiba-tiba dengan contoh orang-orang disekitar kita, tapi kita tetap melakukan maksiat, dosa dan kesalahan. Lalu, malukah kepada Allah karena hal itu?

Bahwa perhiasan dunia berupa harta, pasangan hidup dan anak-anak bisa menjadi musuh kita kelak dan bisa membawa kita ke neraka, tapi justru dengan harta kita menjadi kikir dan selalu berusaha menumpuk harta serta sombong tanpa pernah mau peduli pada sesama. Dan kita juga melepas tanggungjawab sebagai pendidik dan pemimpin bagi pasangan hidup serta anak-anak kita. Lalu, malukah kepada Allah karena hal itu?

Semoga, Allah memberikan kekuatan kepada kita untuk bisa malu kepadaNya, aamiin..

Wallahu a’lam.

eLJe
Via Mas Faisal Tjatjo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s