Apa warisan Rasulullah yang sangat berharga?

Pada suatu waktu setelah Rasulullah SAW wafat, Abu Hurairah r.a berjalan melewati sekumpulan orang-orang yang duduk-duduk sambil ngobrol dan tertawa lucu dengan apa yang mereka obrolkan.

Lalu Abu Hurairah berhenti dan berkata kepada mereka: “Kulihat disini kalian telah membuang-buang waktu dengan percuma, padahal saat ini di masjid orang-orang tengah membagi-bagikan sesuatu yang bermanfaat dan memanfaatkan apa yang telah diwariskan oleh Rasulullah.”

Demi mendengar itu, mereka yang sedang ngobrol tersebut bubar dan berhamburan lari menuju masjid. Akan tetapi sesampainya di masjid mereka tak melihat ada harta atau benda yang dibagi-bagikan.

Lalu mereka balik mencari Abu Hurairah dan berkata: “Wahai sahabat Rasulullah, sesungguhnya engkau telah ber-bohong kepada kami. Sebab di masjid kami tak melihat ada harta atau benda warisan Rasulullah yang dibagi-bagikan.”

Mendengar ocehan mereka Abu Hurairah hanya tersenyum dan balik bertanya kepada mereka: “Lalu apa yang kalian lihat?”

Salah seorang dari mereka menjawab: “Kami hanya melihat, bahwa banyak orang yang hanya menyibukkan diri mereka dengan berzikir kepada Allah.”

Lalu dengan suara tegas dan lantang Abu Hurairah berkata: “Itulah sesunguhnya salah satu warisan yang paling berharga yg telah ditingalkan oleh Rasulullah untuk kita. Apakah kalian tak hendak memilikinya ?”

Lalu Abu Hurairah r.a membacakan firman Allah SWT:
“Hai orang-orang yang beriman, berdzikirlah (dengan menyebut nama) Allah, dzikir yang sebanyak-banyaknya. Dan bertasbihlah kepadaNya di waktu pagi dan petang. Dialah yang memberi rahmat kepadamu dan malaikatNya (memohonkan ampunan untukmu), supaya Dia mengeluarkan kamu dari kegelapan kepada cahaya (yang terang). Dan adalah Dia Maha Penyayang kepada orang-orang yang beriman” (Al-Ahzab: 41-43).

Sahabat-sahabat…
Kita, sebagai ummat dan pengikut Rasulullah, sudahkah kita memanfaatkan warisan beliau?

Semoga, Allah mencairkan lidah kita sehingga jauh dari kebekuan untuk berdzikir kepadaNya. Aamiin.

Wallahu ‘alam

eLJe
Via Mas Faisal Tjatjo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s