Doa yang mustajab

wpid-wp-1404545171564.jpegSahabat-sahabat,

Kita tahu bahwa doa adalah sumber kekuatan seorang muslim.
Doa adalah salah satu bentuk pembuktian tingkat ketauhidan kita. Karena doa seorang muslim hanya dipanjatkan kepada Allah, baik itu untuk memohon petolongan, meminta keberkahan, dll.

Doa juga bisa sebagai latihan untuk menjadi manusia yang rendah hati, karena dengan berdoa, berarti kita mengakui kelemahan kita sebagai manusia.

Ada beberapa syarat, sesuai ajaran Rasulullah dimana suatu doa bisa dikabulkan oleh Allah. Salah satunya adalah waktu terbaik untuk memanjatkan doa.

Mari kita perhatikan sabda Rasulullah ini:
“Posisi seorang hamba yang begitu dekat dengan Tuhannya ialah ketika ia sedang bersujud. Oleh karena itu, perbanyaklah doa di saat sedang sujud” (HR Muslim).

Juga sabda Rasulullah lainnya, bersumber dari Abu Umamah ra, ia berkata, Rasulullah pernah ditanya kapan doa itu berpotensi untuk didengar? Beliau menjawab:
“Pada paruh terakhir waktu malam dan pada setiap selesai sholat fardhu” (HR Tirmidzi).

Bila kita perhatikan dua hadits diatas, setidaknya bisa kita simpulkan bahwa salah satu waktu terbaik untuk doa adalah ketika kita bersujud dalam shalat tahajud kita. Karena Rasulullah mengajarkan bahwa sholat tahajud yang baik waktunya adalah 2/3 malam terakhir dan  posisi hamba yang paling dekat dengan Allah adalah ketika sujud, jadi marilah kita giatkan sholat malam sehingga banyak sujud yang kita lakukan dan membuat kita bisa banyak berdoa dalam sujud-sujud yang kita lakukan.

Semoga Allah memberikan kekuatan dihati dan badan kita, agar kita masih mau dan mampu melakukan sholat malam walaupun dalam keadaan letih badan kita setelah kesibukan di siang hari. Aamiin…

Wallahu a’lam.

eLJe
Via Mas Faisal Tjatjo

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s