Skip to content

Jalan kehidupan terbaik: dakwah

Sahabat-sahabatku,

Kita semua diciptakan Allah untuk beribadah: menjalankan perintahNya, menjauhi laranganNya. Salah satu perintahNya adalah untuk mengajak menuju kebaikan, atau berdakwah. Dakwah bukan hanya milik para ulama. Kita pun diperintahkan berdakwah setiap hari dengan menyampaikan setidaknya satu ayat.

Di bawah ini ada pesan Pak Iskandar Mochtar mengenai hal ini. Kita simak yuk….

Assalamu’alaikum warrahmatullah wabarakaatuhu
(Semoga Allah memberi keselamatan, rahmat, dan berkah kepadamu)

Ketahuilah Saudaraku,
“Tidak ada perkataan yang paling baik, tidak ada perbuatan yang paling mulia, tidak ada waktu yang paling bermanfaat, tidak ada harta yang paling berkah, tidak ada persahabatan paling akrab, tidak ada keluarga yang paling membahagiakan, tidak ada popularitas paling tinggi, tidak ada lelah yang paling nikmat selain digunakan di jalan Allah, yaitu dakwah.” (QS Fushshilat: 33).

Inilah amal termulia para rasul dan nabi. Kita pun bisa merasakan indah dan nikmatnya Islam karena dakwahnya para ulama yang istiqomah.

Sungguh kekhusyuan salat membawa pada kenikmatan dakwah selama kita lakukan benar-benar semata-mata karena rindu ridho Allah, rasulNya dan surgaNya.

Rasulullah bersabda, “Barangsiapa yang mengajak kepada petunjuk Allah, maka baginya ada pahala yang sama dengan pahala orang yang mengikutinya dan tidak dikurangi sedikit pun juga dari pahala-pahala mereka” (HR Muslim).

Subhanallah, inilah yang membuat hamba-hamba beriman sangat semangat berdakwah untuk dirinya, keluarga, anak cucu keturunannya, para sahabatnya tercinta dan seluruh umat manusia.

Sungguh awal kehinaan mereka yang mengomersilkan dakwahnya, dengarkan Kalam Allah ini, “Ikutilah orang-orang yang berdakwah yang mereka tidak meminta kepada kalian sesuatu balasan, sedang mereka adalah orang-orang yang mendapat hidayah Allah” (QS Yasin 21).

Semoga kita dan anak cucu keturunan kita, Allah jadikan Imam di antara hamba-hamba Allah yang bertakwa dan Allah masukkan sebagai barisan juru dakwahNya yang istiqomah. Aamiin.

Saudaramu yang selalu merindukan diri ini dan kalian bahagia hidup dalam Islam.

Iskandar Mochtar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: