Fakir yang menjadi kafir

Sahabat-sahabat,

Kali ini kita coba melanjutkan membahas hal-hal yang menghancurkan dunia dan agama. Malam ini adalah pembahasan terakhir dari empat pembahasan.

Sebelum membahas lebih lanjut, mari kita ulangi apa yang dikatakan oleh  Ali bin Abi Thalib,  bahwa agama dan dunia akan hancur bila:
(1) orang-orang kaya bersikap kikir dengan semua kekayaan yang telah diberikan Allah kepadanya.
(2) para ulama sudah tidak mengamalkan semua ilmu yang diketahuinya.
(3) orang-orang bodoh tapi bersikap sombong atas perkara-perkara yang tidak diketahuinya.
(4) orang-orang fakir sudah menjual akhiratnya dengan kenikmatan dunia.

Malam ini kita akan membahas point no 4.

Kita mungkin sering mendengar ada orang-orang yang menjadi musyrik dengan keluar dari Islam disebabkan karena kesulitan ekonomi. Atau kita juga mendengan ada orang-orang muslim yang menjual akidah keislamannya untuk menggapai kenikmatan dunia.

Penyebab dari itu semua adalah kemiskinan atau kefakiran.

Miskin atau fakir bukan hanya berbentuk kekurangan meteri, tetapi pada perasaan ‘selalu miskin atau fakir’. Selalu merasa miskin akan harta adalah bentuk dari hilangnya rasa sykur. Sehingga selalu ada keinginan untuk terus memperbanyak harta walaupun pada kenyataannya harta yang dimiliki sudah lebih dari cukup.

Memang kefakiran bisa membawa orang menuju kekafiran. Tapi orang yg mempunyai iman yang kuat akan selalu merasa kaya untuk urusan dunia.

Mari perhatikan firman Allah:
“Sedangkan kamu (orang-orang kafir) memilih kehidupn dunia. Padahal kehidupan akhirat itu lebih baik dan lebih kekal” (Al A’la : 16-17).

Dari ayat diatas sangat jelas dikatakan bahwa hanya orang-orang kafirlah yang memilih kehidupan dunia daripada kehidupan akhirat.
Dan kita dilarang menukar kehidupan akhrat dengan kenikmatan dunia yang hanya sesaat.

Semoga, kita bisa istiqomah dalam menjalankan petunjuk-petunjuk Allah, dan kita bisa bersyukur atas segala nikmat dan karunia yang Allah berikan, sehingga kita selalu dekat dengan Allah dan Allah menguatkan sifat qana’ah dalam hati kita. Aamiin.

Sahabat-sahabat, dengan pembahasan malam ini, maka selesai sudah pembahasan empat hal yang bisa menghancurkan agama. Semoga bermanfaat dan berkah untuk kita semua. Aamiin.

Wallahu a’lam.

eLJe
Via Mas Faisal Tjatjo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s