Siapakah yang paling cantik sedunia?

Sahabat-sahabat,

Izinkan malam ini saya membahas kecantikan seorang wanita. Insya Allah berguna bukan hanya bagi sahabat-sahabat wanita tapi juga untuk sahabat-sahabat laki-laki saya.

Kecantikan, dari sisi bahasa bisa berarti keanggunan, keelokan atau kehalusan. Ada juga yang memaknai kecantikan secara kasat mata yaitu sesuatu yang membuat seseorang menjadi suka, jatuh hati atau mencintai.

Islam memaknai kecantikan bukan hanya dari sisi fisik, tapi juga berupa kecantikan ruh, jiwa dan akal. Ketiga jenis kecantikan terakhir itu adalah yang disebut kecantikan dari dalam (inner beauty) seorang muslimah.

Bila ingin mempercantik fisik, bisa dilakukan dengan merawat kulit tubuh, wajah, rambut, bibir, kuku, mata, bentuk tubuh yang berhubungan dengan fisik atau lahiriah. Dan untuk meningkatkan kecantikan ini, banyak wanita yang rela mengeluarkan uang banyak dan usaha yang keras untuk dapat memperoleh hasil yang baik. Mereka tak ragu untuk merawat diri ke salon yg mahal, membeli produk perawatan yang juga mahal, diet dan mengatur pola makan, dll.

Padahal, kecantikan fisik dalam pandangan manusia selalu berbeda-beda. Fisik cantik menurut seseorang belum tentu cantik menurut orang lain.

Hanya kecantikan menurut Allah saja yang parameternya tetap, tak pernah berubah. Yang cantik menurut Allah adalah yang paling bertaqwa. Untuk itulah, Islam mengajarkan kita untuk memperbaiki kecantikan dari dalam (inner beauty). Inner beauty menurut Islam adalah bersumber dari Allah dan diajarkan melalui Al qur’an.

Mari lihat firman Allah:
“Hai orang-orang beriman, bertaqwalah kepada Allah dengan sebenar-benar taqwa kepadaNya dan janganlah kamu mati melainkan dalan keadaan Islam” (Ali Imron ; 102).

Perintah Allah untuk bertaqwa akan menciptakan hati yang bersih. Dan hati yang bersih akan menyelamatkan manusia ketika menghadap Allah kelak. Karena pada hari dibangkitkan nanti adalah:
“…hari (dimana) harta dan anak-anak menjadi tak berguna, kecuali orang-orang yang menghadap Allah dengan hati yang bersih” (As Syuaraa 88-89).

Dari hati yang bersih itu akan memunculkan tiga jenis kecantikan yaitu:

(1) Kecantikan ruh.
Seorang wanita yang memiliki kecantikan ruh akan melakukan segala sesuatu hanya karena Allah, cintanya pada suami hanyalah jalan untuk menggapai cinta Illahi. Karena itulah dia selalu menerima segala kelebihan dan kekurangan suaminya, selalu tawakal kepada Allah dan yakin bahwa Allah akan selalu memberi yang terbaik.

(2) Kecantikan jiwa.
Ada sebuah cerita tentang kecantikan jiwa, diceritakan pada masa sahabat, seorang suami menjelaskan kecantikan istrinya sebagai berikut:
“…ketika aku bersamanya terasa diri ini bagaikan tak pernah merasa susah, perbuatannya selalu membuat aku tambah cinta padanya, setiap hari aku lihat akhlaknya bertambah baik, dia tidak pernah menimbulkan kegelisahan, ketika aku pulang dari bekerja terasa hilang lelahku karena senyuman dan sambutannya yang begitu hangat sekalipun kukatakan bahwa hari ini aku tidak mendapat hasil yang lebih baik dari kemarin, dia tetap tersenyum dan memberiku semangat..”

(3) Kecantikan akal.
Seorang wanita yang cantik akalnya akan selalu rajin belajar untuk menambah pengetahuan, sehingga bisa menjadi teman diskusi suami sehingga bisa menentramkan hati suami dengan sikapnya.

Itulah mengapa Rasulullah menjelaskan bahwa sebaik-baik perhiasan dunia ada wanita/istri sholihah yang memiliki tiga kecantikan seperti yang sudah dijelaskan.

Jadi, kecantikan diri bisa dibangun dengan mempercantik tiga hal diatas. Semoga kita bisa selalu meningkatkan ketaqwaan sehingga kita bisa mempercantik diri kita dari dalam. Aamiin.

Wallahu a’lam

eLJe
Via Mas Faisal Tjatjo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s