Jangan sakiti hati saudaramu

Sahabat-sahabat,
Sering tanpa disadari mungkin kita pernah menyakiti saudara-saudara kita seiman. Mungkin banyak hal-hal yang telah kita buat dan menyakitkan hati mereka. Perbuatan menyakitkan itu bisa berbentuk perkataan, tulisan, ucapan, atau tindakan.

Mungkin juga banyak ucapan dan tindakan yang kita maksudkan sebagai nasihat, tapi mungkin kita lakukan dengan cara yang kurang baik, sehingga nasihat itu justru malah menyakiti hati saudara kita.

Rasulullah sudah mencontohkan cara-cara syiar dan nasihat yang baik. Allah juga mengajarkan agar nasihat disampaikan ‘bil hikmah wa mauidzatil hasanah’ sehingga tidak terkesan menyalahkan yang akhirnya akan timbul kebencian.

Allah melarang kita untuk menyakiti suadara-saudara mukmin kita tanpa ada kesalahan yang mereka perbuat. Tapi sayangnya banyak orang yang mudah menuduh bahwa saudara-saudara mukmin lainnya telah berlaku salah, padahal kesalahan yang dianggapkan itu mungkin karena sudut pandang dan penilaian yang berbeda.

Firman Allah dalam Al Qur’an:
“Dan orang-orang yang menyakiti orang-orang mukmin dan mukminat tanpa kesalahan yang mereka perbuat, maka sesungguhnya mereka itu telah memikul kebohogan dan dosa yang nyata” (Al Ahzab : 58).

Dari ayat diatas, sebelum kita dilarang menyakiti hari saudara-saudara kita, sesunggunya kita terlebih dahulu dilarang untuk gampang menilai dan menimpakan kesalahan atas apa yang telah dilakukan oleh saudara-saudara kita tersebut. Karena bisa jadi penilaian salah dimata kita justru benar dimata Allah. Karena kebenaran yang hakiki adalah kebenaran dari Allah.

Semoga, kita bisa menjadi orang-orang yang menjaga perasaan saudara-saudara seiman kita. Aamiin.

Wallahu a’lam.

eLJe
Via Mas Faisal Tjatjo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s