Ingatlah Allah dalam setiap keadaan

Sahabat-sahabat,

Hari ini, saya sedang menggali beberapa ayat Al Qur’an yang berhubungan dengan perintah untuk mengingat Allah.
Firman Allah: “Ingatlah kamu kepadaKu niscaya Aku ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepadaku dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku” (Al Baqarah : 152).

Dari ayat diatas, bisa dipahami bahwa mengingat Allah jauh lebih utama daripada mengingat nikmat-nikmat yang diberikan kepada kita. Dan itu bermakna bahwa kita harus mengingat Allah apapun kondisi kita. Baik dalam keadaan senang atau susah, kita diwajibkan untuk mengingat Allah.

Mengingat Allah bisa dilakukan salah satunya dengan selalu bersyukur atas keadaan apapun yang menimpa kita. Sabar adalah salah satu bentuk syukur. Jadi bila kita dalam keadaan senang, hati kita harus bersabar dari sifat boros dan sifat sombong. Juga bila kita dalam keadaan sulit, hati kita harus bersabar karena disetiap kesulitan Allah akan menciptakan kemudahan.

Lalu, mengapa mengingat Allah lebih utama daripada mengingat nikmatNya? Karena, banyak diantara kita yang ketika diberikan nikmat yang banyak oleh Allah, justru dia lupa kepada Allah. Banyak manusia yang ingat kepada Allah hanya ketika dalam keadaan sulit. Itulah mengapa kita diperintahkan untuk selalu mengingat Allah.

Semoga, kita bisa selalu mengingat Allah, bersyukur atas segala pemberianNya, dan tidak menjadikan kita sombong atas segala nikmat yang diberikanNya. Aamiin.

Wallahu a’lam.

eLJe
Via Mas Faisal Tjatjo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s