Siapkah kita memenuhi panggilanNya 3

Sahabat-sahabat,

Setelah dua hari kemarin kita membahas tentang dua panggilan Allah kepada manusia muslim, yang pastinya sudah berjanji bahwa Allah adalah satu-satunya Tuhan yang berhak disembah, yaitu panggilan sholat dan panggilan haji/umroh, maka malam ini kita coba bahas lebih lanjut panggilan Allah yg lainnya.

Panggilan pertama dari Allah kepada hambaNya adalah panggilan sholat yang diserukan dengan perantara muadzin. Panggilan yang dimaksudkan agar manusia segera menghampiri dan beribadah serta bersyukur kepadaNya. Bisa dilakukan di masjid, musholla, atau dimanapun di bumi Allah ini.

Panggilan kedua dari Allah kepada hambaNya adalah panggilan haji/umroh yang pada awalnya diserukan dengan perantara Nabi Ibrahim. Panggilan ini juga dimaksudkan agar manusia menghampiri dan beribadah serta bersyukur kepadaNya. Hal ini hanya bisa dilakukan di Baitullah.

Dan panggilan ketiga dari Allah kepada hambaNya adalah panggilan yang dilakukan oleh Malaikat Izrail sebagai perantara. Panggilan ini dimaksudkan agar manusia menghadap Allah dan mempertanggung jawabkan semua perbuatannya selama di dunia.

Bila panggilan sholat dan haji/umroh bisa diabaikan oleh manusia, maka lain halnya dengan panggilan kematian ini. Tidak ada satupun manusia yang bisa mengabaikan panggilan ini, sebagaimana firman Allah :

“Dimana saja kamu berada, kematian akan mendapatkan kamu, walaupun kamu di dalam benteng yang tinggi lagi kokoh” (An Nisaa’ : 78).

Bila manusia bisa mengabaikan panggilan sholat dan haji/umroh  dikarenakan rasa malas, karena sibuk urusan dunia, karena sayang mengeluarkan harta, atau karena memang tidak mau memenuhi panggilan-panggilan tersebut, maka bila panggilan kematian datang, semua alasan itu menjadi tak berguna.

Maka, marilah kita selalu berusaha memenuhi panggilan sholat dan haji/umroh, sebelum datangnya panggilan kematian.

Semoga Allah menguatkan hati kita untuk melakukannya. Aamiin…

Wallahu a’lam

eLJe
Via Mas Faisal Tjatjo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s