Sudahkah kita memenuhi panggilanNya 2

Sahabat-sahabat,

Kemarin pagi kita sudah membahas arti sebuah ‘panggilan’. Panggilan yang sangat mendasar dari Allah kepada ummatnya adalah panggilan sholat. Baiklah kita sebut saja bahwa sholat adalah panggilan pertama dari Allah kepada manusia yang mengaku sebagai hambaNya.

Lalu, Allah juga memanggil manusia muslim dengan panggilan kedua. Panggilan itu adalah adalah panggilan haji.

Mari lihat perintah Allah melalui perantara Nabi Ibrahim agar menyeru manusia untuk mengerjakan ibadah haji :
“Dan serukanlah kepada manusia untuk mengerjakan haji, niscaya mereka akan datang kepadamu dengan berjalan kaki, dan mengendarai unta yang kurus yang datang dari segenap penjuru negeri” (Al Hajj : 27).

Dari ayat diatas bisa dipahami bahwa orang-orang beriman yang merasa terpanggil oleh Allah untuk mengunjungi dan beribadah di rumahNya, akan berusaha keras untuk memenuhi panggilan itu. Karena itu adalah tanda keimanan manusia kepadaNya.

Tapi, bila panggilan sholat lewat azan saja diabaikan, bukan mustahil panggilan haji pun diabaikan. Bisa kita lihat, berapa banyak orang yang mampu bahkan melaksanakan umroh saja tak mau. Padahal Rasulullah bersabda bahwa umroh adalah haji kecil. Karena semua proses haji dilakukan dalam umroh, kecuali hanya wukuf dan melempar jumrah saja.

Bila ibadah sholat, yang hanya membutuhkan kemauan dan tanpa biaya, diabaikan oleh manusia, apalagi ibadah haji dan umroh yang membutuhkan biaya.

Jika manusia sudah terlalu kikir dengan tenaganya untuk sholat, bukan mustahil mereka juga kikir dengan hartanya untuk ibadah haji atau umroh.

Semoga, Allah memberikan hidayah kepada kita untuk selalu memenuhi panggilan sholat, sehingga kita akan dimudahkan untuk memenuhi panggilan haji atau umroh. Aamiin…

Wallahu a’lam.

eLJe
Via Mas Faisal Tjatjo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s