Cinta dan nafsu

Tausiyah malam (masih) dari eLJe

Sahabat-sahabat,

Cinta adalah sifat dasar manusia. Sifat cinta selalu ada dalam diri manusia. Dan manusia selalu menunjukkan rasa cintanya itu. Malam ini, dengan keterbatasan ilmu, ijinkan saya membuat klasifikasi cinta.

Cinta yang paling rendah adalah mencintai dunia dan isinya dengan menuruti hawa nafsu. Hawa nafsu itu membawa manusia untuk melanggar batas-batas larangan yang telah ditetapkan dalam ajaran Islam.

Mari perhatikan firman Allah:
“Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu: wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia, dan di sisi Allahlah tempat kembali yang baik (surga)” (Ali Imran :14).

Berdasarkan ayat diatas, manusia pada dasarnya mempunyai rasa cinta kepada apa yang diinginkan baik berupa wanita, anak-anak, dan harta. Padahal semua itu hanyalah kesenangan dunia yang tidak abadi dan hanya bersifat sementara. Di dunia, kesenangan itu hanya sementara, dimana harta akan habis, wanita akan pudar kecantikannya, anak-anak pun akan pergi meninggalkan orang tuanya. Sangat disayangkan bila untuk mencapai kesenangan di dunia yang sifatnya sementara, banyak manusia melanggar hal-hal yang dilarang oleh ajaran Islam. Korupsi, maksiat, zina, merusak alam, membunuh, dll adalah beberapa contoh perbuatan yang dilakukan manusia demi memuaskan cintanya pada dunia.

Allah menutup ayat diatas dengan pernyataan bahwa disisi Allahlah tempat kembali yang baik. Surga adalah tempat kembali yang baik, dimana semua kesenangan hidup akan kekal abadi selamanya. Semoga, kita tidak dibutakan oleh cinta kepada dunia. Dan hati kita menjadi lembut sehingga selalu merindukan surga. Aamiin.

Wallahu a’lam

eLJe
Via Mas Faisal Tjatjo

(Bersambung)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s