Awali tahun baru dengan menghisab diri

Tausiyah Muharram (masih) dari eLJe🙂

Sahabat-sahabat,
Pertama-tama saya ucapkan selamat tahun baru Hijriyah 1435. Hidup yang kita lalui bagaikan lembaran-lembaran kertas. Hari kemarin adalah lembaran yang telah lewat dan hari ini adalah lembaran baru yang sedang kita tulis. Setahun telah berlalu, berarti selama setahun sudah lembaran-lembaran kehidupan yang kita tulis. Hari ini Allah masih memberikan ‘kesempatan’ kepada kita untuk menjalani tahun yang baru. Mengapa disebut ‘kesempatan’?

Mari perhatikan firman Allah:
“Bacalah lembaran (kitabmu), cukuplah engkau sendiri hari ini yang melakukan perhitungan atas dirimu” (Al Isra’ : 14).

Berdasarkan ayat diatas, bisa difahami bahwa hari ini Allah menyuruh kita untuk membaca lembaran hidup kita yang kemarin dan menghisab (menghitung) diri sendiri. Karena mungkin kita tidak pernah sempat menghisab diri kita setiap hari, maka kesempatan yang Allah berikan hari ini kepada kita di hari pertama tahun yang baru, kita gunakan untuk membaca kitab hidup kita tahun kemarin dan menghisab diri kita atas apa yang sudah kita lakukan tahun yang lalu.

Bila perhitungan sudah kita lakukan, maka setiap kenikmatan yang Allah berikan baik berupa kekayaan, kesehatan, jabatan, dll adalah merupakan ‘kesempatan’ yang harus kita gunakan untuk tidak mengulangi kesalahan tahun lalu, untuk memperbaiki diri menjadi lebih baik dibading lahun lalu, untuk memperbanyak ibadah-ibadah berupa sholat, zakat, infaq, shodaqoh, dll.

Jadi, marilah kita mulai sambut tahun baru 1435 Hijriyah ini dengan membaca lembaran hidup kita yang telah lalu dan menghisab (menghitung) diri kita sendiri, sebelum nanti datang perhitungan dari Allah yang kita sudah tidak sempat lagi memperbaiki diri. Dan perhitungan Allah akan dimulai ketika kita sudah melewati satu pintu bernama ‘kematian’ Semoga, kita mau membaca dan menghisab diri kita sendiri. Aamiin.

Wallahu a’lam

eLJe
Via Mas Faisal Tajtjo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s