Selamat tahun baru Hijriah

Twends,
Alhamdulillah kita sudah memasuki tahun baru, 1 Muharam 1435H.
Semoga tahun baru ini dapat menjadi momentum untuk resolusi hidup yang lebih dekat, lebih mesra dengan Sang Ilahi. Semoga semua pemikiran, perkataan dan perbuatan kita makin mencerminkan nama-namaNya, semoga semakin kuat iman kita dan semakin banyak bekal amal sholeh kita. Amin YRA.

Kita simak yuk pesan tahun baru dari Bang BRH. Semoga pesan tahun baru ini dapat menjadi penghantar hijrah kita ke kehidupan yang baru, lebih dekat padaNya.
Amin YRA.

….

SELAMAT TAHUN BARU 1435-H.

Tanpa terasa kita sudah memasuki bulan Muharram, awal Tahun Baru 1435 Hijriah yang didasarkan pada perhitungan pemunculan cahaya bulan [Qomariyah]. Mungkin hanya sebagian dari kita yang memperingati tahun baru Islam dengan segala hikmahnya, bahkan mungkin sebagian lagi kurang hafal akan nama-nama bulan Hijriah.

Adapun nama bulan dalam tahun Hijriah adalah: Muharram, Safar, Rabiul Awal, Rabiul Akhir, Jumadil Awal, Jumadil Akhir, Rajab, Syaban, Ramadhan, Syawal, Dzulkaidah dan Dzulhijjah.   Adakah urgensinya bila tanggal 1 Muharram dijadikan sebagai hari libur, jika malam menjelang tahun baru Hijriah hanya dijadikan sebagai malam libur atau sekedar sebagai long week end saja?

Hijrah merupakan langkah yang hendak dicapai untuk menuju sebuah kehidupan yang lebih baik, sebab itu perlu sebuah perenungan yang akan memunculkan sebuah harapan baru untuk keadaan yang lebih baik. ”Hijrah adalah meninggalkan hal-hal yang terlarang” [BRH-2012].

Makna dan spirit hijrah haruslah tertanam di hati dan jiwa, yakni meninggalkan semua yang terlarang menuju ketaqwaan kepada-Nya.

”Hai orang-orang yang beriman, bertqwalah kepada Allah sebenar-benar taqwa kepadaNya” [Ali-Imran 102].

“Hai orang-orang yang beriman, bertaqwalah kepada Allah, dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok” [Al-Hasyr 18].  

“Al-Quran itu benar-benar suatu pelajaran bagi orang-orang yang bertaqwa” [Al-Haaqqah 48].

Dibulan Muharram, segala amal shaleh akan diberkahi berlipat ganda, sebab itu dianjurkan untuk diperbanyak dan ditingkatkan kualitasnya.

“Sesungguhnya orang-orang yang ber-Iman dan beramal shaleh, Kami tidak akan menyia-nyiakan pahala orang-orang yang membaikkan amalnya” [Al-Kahfi 30].

SELAMAT TAHUN BARU 1435H!

Semoga Allah SWT memberikan kemudahan dan kekuatan kepada kita semua untuk menjalani sebuah kehidupan yang baru di tahun 1435-H ini. Aamiin Yaa Rabbal’alaamiin. [BRH].

Selamat tahajud dan shalat subuh.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s