Ilmu = jalan ke surga

image

Twends,

Kapan terakhir datang ke pengajian atau majlis taklim untuk belajar agama? Terus terang waktu saya di Amerika saya sering sekali datang ke pengajian atau majlis taklim di berbagai sekolah. Bahkan hidayah memakai jilbab datang setelah saya menghadiri pengajian di MIT, Boston.

Begitu sampai di Indonesia, kebutuhan tersebut terasa melemah. Mungkin karena sarapan rohani berlimpah di mana-mana sehingga rasa lapar tersebut menghilang.

Untung berkali-kali muncul kesempatan menghadiri taklim, di rumah ibu saya ada diskusi agama rutin seminggu sekali, begitu juga di kantor.

Di bawah ini pesan eLJe mengenai indahnya menuntut ilmu, yang membuat saya berfikir rasanya perlu segera saya rutinkan kembali santapan rohani ini.

Semoga pesan ini bisa mengetuk hati sahabat-sahabat seperti ia mengetuk hati saya. Aamiiin yra.

……

Sahabat-sahabat,

Malam ini, masih ada perasaan yang capmur-aduk dalam hati saya. Siang tadi kebetulan saya hadir dalam acara pengkajian Islami teman-teman alumni SMA  seangkatan. Ada perasaan sedih, karena masih ada beberapa teman yang berhalangan hadir, dikarenakan beberapa kesulitan.  Semoga Allah memudahkan semua kesulitan teman-teman yang kebetulan berhalangan hadir. Tapi ada juga perasaan bahagia dan gembira, karena Alhamdulillah Allah membantu mengetuk hati teman-teman yang lain untuk datang menghadiri acara tersebut.

Subhanallah…semoga hidayah Allah dapat terus meresapi hati semua teman-teman untuk menghadiri acara taklim sebagai bagian dari menuntut ilmu.

Allah berfirman: ” Allah akan meninggikan orang-orang beriman diantara kamu dan orang-orang berilmu beberapa derajat” ( Al Mujadilah : 11).

Dari ayat diatas jelas, bahwa orang-orang yang datang ke majlis-majlis ilmu untuk menuntut ilmu dalam rangka meningkatkan ketaqwaan, insya Allah akan mendapatkan derajat yang lebih tinggi, baik di dunia maupun di akhirat. Karena orang-orang yang datang untuk menuntut ilmu, maka akan ada kemudahan baginya untuk menggapai kebahagiaan dunia akhirat.

Rasulullah bersabda: “Barangsiapa menempuh jalan untuk menuntut ilmu, niscaya Allah mudahkan baginya jalan menuju surga” (HR Muslim).

Jalan menuju surga yang Allah mudahkan bisa saja berupa harta yang banyak, berkah dan bermanfaat. Atau berupa kesehatan badan yang berguna dalam melaksanakan ibadah. Atau bisa juga berupa anak-anak yang sholeh, yang mendoakan orang tuanya, dll.

Jadi, orang-orang yang menunutut ilmu, insya Allah di dunianya akan terus berada pada jalan Allah, sehingga kecintaan dan keberkahan dari Allah akan selalu mengalir.

Semoga, kita semua, termasuk sahabat-sahabat siang tadi selesai dengan taklimnya, bisa menggunakan umur kita sebagai waktu untuk menuntut ilmu, sehingga jalan ke surga akan dipermudah oleh Allah untuk kita. Aamiin. Wallahu a’lam.

eLJe
Via Mas Faisal Tjatjo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s