Jangan tunda mempersiapkan hari yang pasti datang

Sahabat-sahabat,

Kita mungkin pernah mengetahui ada orang yang dalam kesahariannya kaya-raya, tapi tiba-tiba jatuh miskin, atau sebaliknya ada yang dalam kesulitan tiba-tiba mendapatkan kemudahan dari Allah. Kita mungkin sering menjenguk orang sakit yang mungkin menderita berbagai macam penyakit. Sering juga kita mendengar seorang dokter memvonis atas kemungkinan kesembuhan orang yang sakit. Tapi orang sakit yang sudah divonis ternyata masih diberi kehidupan oleh Allah. Kita mungkin juga pernah mendengar atau mengetahui, ada orang yg sehari-hari hidup sehat tapi kemudian bisa tiba-tiba meninggal dunia.

Mari perhatikan firman Allah:
“Dan tak ada seorangpun yang dapat mengetahui (dengan pasti) apa yang akan dijalaninya besok. Dan tidak seorangpun yang dapat mengetahui dibumi mana dia akan mati ”
(Luqman : 34).

Penjelasan Allah diatas seharusnya sudah jelas bagi kita. Tapi, apa yang sudah kita lakukan dalam menyikapi pemberitahuan Allah tersebut? Sudahkah kita tidak menunda-nunda sholat? Tidak menunda-nunda sedekah? Dan sudahkah kita tidak menunda-nunda berbuat kebaikan?

Dari ibnu Umar ra, ia bercerita: “Rasulullah memegang kedua bahuku seraya bersabda, ‘Keberadaanmu di dunia ini bagaikan orang asing yang sedang mengembara…’ Kemudian Ibnu Umar melanjutkan “Ketika kamu berada pada waktu sore, jangan menunggu waktu pagi. Dan ketika kamu berada pada waktu pagi, jangan menunggu waktu sore. Pergunakanlah waktu sehatmu sebelum datang waktu sakitmu, dan pergunakanlah waktu hidupmu untuk menghadapi kematianmu”
(HR Bukhari no 6416).

Sabda Rasulullah diatas adalah penjelasan lanjutan dari firman Allah. Dan pemberitahuan Rasulullah itu adalah sebagai tanda kasih sayang beliau kepada ummatnya. Semoga, hati kita dikuatkan oleh Allah untuk tidak menunda-nunda berbuat baik, sebagai bekal kehidupan kita esok hari di dunia dan di akhirat kelak. Aamiin. Wallahu a’lam.

eLJe
Via Mas Faisal Tjatjo

One thought on “Jangan tunda mempersiapkan hari yang pasti datang

  1. Pingback: Catatan haji 14: membangun kebiasaan Muslim yang baik, optimalkan waktu mencapai target hidup | Indira Abidin's Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s