Meraih kemuliaan melalui shalat malam

Sahabatku,

Salah satu perjuanganku setiap malam adalah bangun untuk shalat tahajud. Di satu masa bisa jadi mudah sekali karena sudah terbiasa. Tapi kalau sudah datang bulan dan kebiasaannya terputus, susah sekali membangun kebiasaan bangun jam 3 pagi. Belum lagi kalau malam sebelumnya ada acara dan pulang malam, tidak bisa tidur cepat. Nah… tantangan besar untuk bisa bangun jam 3 keesokan harinya. Bangun-bangun sudah adzan subuh. Waaah….. rugi benar.

Jadi karena saya punya tanggung jawab tidur yang cukup juga, sebagai hak tubuh, saya usahakan tidak ikut acara-acara malam. Malamku kuusahakan hanya untukNya. Berat sekali menjalankan komitmen ini Ya Allah. Berikanlah aku kekuatan untuk menjalankannya. Amin.

Simak yuk pesan Bang BRH mengenai shalat tahajud. Semoga kita bisa membiasakan diri menjalankan shalat ini setiap hari. Amin amin YRA.

🌷💐🌹🌷💐🌹🌷

Alangkah nikmatnya dikala bersimpuh dan bermunajat kepadaNya disebuah keheningan malam, tanpa ada gangguan apapun, apalagi bila hal itu dilakukan setiap malam.

Rasulullah bersabda: “Pada waktu malam ada satu waktu, bila seseorang meminta suatu kebaikan di-Dunia maupun di-Akhirat, niscaya Allah akan memberinya, dan itu berlaku setiap malam”.  

•| Shalat tahajud sebaiknya dilakukan disepertiga malam terakhir setelah bangun tidur.

“Hai orang yang berselimut, Bangunlah untuk shalat di malam hari” [Al-Muzzammil 1-2].  

“Dan diakhir-akhir malam mereka memohon ampun kepada Allah” [Adz-Dzaariyaat 18].

•| Shalat tahajud adalah amalan orang-orang shaleh yang terbiasa menjaga shalat malamnya.  

Rasulullah bersabda :
“Istiqamah kan beribadah dimalam hari, karena sudah menjadi kebiasaan orang-orang shaleh sebelum kamu”.  

•| Shalat tahajud adalah shalat utama setelah shalat fardhu, dan seyogyanya dilakukan setiap malam.

“Dan dari sebagian malam hendaklah engkau bangun (tahajud) sebagai ibadah tambahan untukmu. Semoga Tuhanmu mengangkat derajatmu ke tempat terpuji”
[Al-Israa 79].  

Rasulullah bersabda:
“Sebaik-baik manusia adalah yang melaksanakan shalat tahajud”.

•| Shalat tahajud dilakukan untuk bermunajat kepadaNya dikeheningan malam, memohon ampunan serta memohon kebaikan di dunia dan di akhirat. Allah berfirman :  

“Apakah kamu hai orang musyrik yang lebih beruntung, ataukah orang yang beribadah di waktu-waktu malam dengan sujud dan berdiri, sedang ia takut kepada azab akhirat dan mengharap rahmat Tuhannya?”
[Az-Zumar 9].

“Sesungguhnya Tuhanmu mengetahui bahwasanya kamu [Muhammad] shalat kurang dari dua pertiga malam, atau seperdua malam atau sepertiganya” [Al-Muzzammil 20].  

Sampaikan renungan ini kepada para kerabat yang belum merasakan indahnya bertahajud, semoga menjadi amal kebajikan bagi yang menyampaikannya sebelum memasuki tahun 1435-H. Aamiin Yaa Rabbal’alaamiin. [BRH].

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s