Meneladani Allah lewat Asmaul Husna

Al Qur’an, khususnya dalam QS Al A’raf: 180 menegaskan agar kita memohon kepada Allah Swt. dengan menggunakan Asmaul Husna.

”Hanya milik Allah Asma’ul Husna maka bermohonlah kepadaNya dengan menyebut nama-nama yang indah itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyimpang dari kebenaran dalam (menyebut) nama-namaNya. Nanti mereka akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan.”

Maulana Muhammad Ali dalam tafsirnya menjelaskan bahwa yang dimaksud Asmaul Husna adalah nama-nama yang menampakkan sifat-sifat paling baik dari Zat Allah. Yang dimaksud dengan fad’uhu biha (berdoalah atau mohonlah Dia dengannya) adalah bahwa manusia harus menyimpan sifat-sifat Ilahi dalam pikirannya dan berusaha memiliki sifat-sifat tersebut. Hanya dengan itu ia dapat mencapai kesempurnaannya. Selain itu, Al Jili  menafsirkan amanah yang diasongkan kepada manusia setelah bumi dan langit enggan menerimanya (QS Al Ahzab: 72) adalah amanat untuk merealisasikan sifat-sifat Allah Azza wa Jalla di muka bumi.

Sejatinya, itulah pertemuan terindah antara manusia dengan Allah melalui sifat-sifat-Nya, yaitu pada saat sifat-sifat itu menjadi rujukan dan tolok ukur dalam pengembangan kepribadiannya. Di sinilah manusia mendekatkan diri kepadaNya, mengidentifikasikan diri dan perilakunya kepada sifat-sifat Allah sebatas jangkauan kemanusiaan dan batas-batas yang ditetapkan oleh Allah sendiri.

Pemancaran kembali sifat-sifat Allah dalam wujud akhlak insani diperintahkan secara tersirat oleh Allah dan RasulNya.

“Berbuat baiklah kamu sebagaimana Allah telah berbuat baik kepadamu” (QS Al Qashash, 28: 77).

Rasulullah saw. menguatkan, “Berakhlaklah kamu dengan akhlak Allah.”

Wallahu a’lam.

(dikutip dari Sulaiman Abdurrahim & Abu Fawwaz. Asmaul Husna Effects. 2009)

Iskandar Mochtar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s