Bershalawatlah…

Sebagai umat Nabi Muhammad SAW, kita dianjurkan untuk bershalawat kepada beliau. Ada banyak manfaat dan keutamaan dari membaca shalawat. Apalagi bagi Anda yang mempunyai keinginan dan hajat tersendiri. Shalawat Nabi bisa memuluskan jalan, agar doa lebih cepat terkabul. Tentunya setelah Anda melaksanakan shalat wajib diikuti shalat sunah.

Ada banyak amalan yang bisa Anda jalankan untuk memperkuat doa. Saya akan berikan beberapa macam shalawat yang terbukti paling ampuh. Shalawat ini sudah sering saya amalkan, dan Alhamdulillah… beberapa doa saya lebih cepat terkabul dan senantiasa diberikan hidayah oleh Allah SWT. Saya selalu yakin, dari terkabulnya doa-doa kecil, nantinya pasti akan bisa terkabul juga semua doa yang kita panjatkan kepada-Nya. Dengan begitu, akan semakin memotivasi hidup kita untuk meraih semua impian dan cita-cita.

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Turmudzi dan Ibnu Majah dari Abdullah bin Abi Auf r.a juga diterangkan, bahwa Rasull SAW telah bersabda yang artinya: “Barang siapa yang mempunyai hajat (kebutuhan) kepada Allah atau kepada salah seorang dari anak Adam, hendaklah ia berwudhu dan menyempurnakan wudhunya, lalu shalat dua rakaat, kemudian hendaklah ia mengucapkan pujian kepada Allah dan mengucapkan shalawat kepada Nabi SAW, dan kemudian hendaklah berdoa.” 

Barang siapa bershalawat kepada Nabi Muhammad, berarti ia telah melaksanakan perintah Allah ta’ala di dalam firman-Nya. Dibawah ini adalah dalil-dalil tentang shalawat, baik dari Al-Qur’an maupun Al-Hadits Nabi SAW, serta para ulama. 

Al-Qur’an
Surat Al-Ahzab ayat 43: 
Artinya: 
“Dia-lah yang memberi rahmat kepadamu dan malaikat-Nya (memohon ampunan untukmu) supaya Dia mengeluarkan kamu dari kegelapan kepada cahaya yang terang.”
  
Surat Al-Ahzab ayat 56: 
Artinya: 
“Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.” 

Maksud Allah bershalawat kepada Nabi SAW adalah dengan memberi rahmat-Nya, bershalawat malaikat kepada Nabi SAW dengan memintakan ampunan, sedangkan bershalawatnya orang-orang mukmin kepada Nabi SAW dengan berdoa supaya diberi rahmat seperti dengan perkataan “Allahumma Shalli ‘ala Muhammad” 

Al-Hadits
Artinya: 
“Bershalawatlah kamu kepadaku, karena shalawatmu itu menjadi zakat (penghening jiwa pembersih dosa) untukmu.”   
(HR. Ibnu Murdaweh)
Artinya:
“Saya mendengar Nabi SAW bersabda, Janganlah kamu menjadikan rumah-rumahmu sebagai kuburan, dan janganlah kamu menjadikan kuburanku sebagai persidangan hari raya. Bershalawatlah kepadaku, karena shalawatmu sampai kepadaku di mana saja kamu berada.”   
(H.R. Al-Nasa’i, Abu Daud dan dishahihkan oleh Al-Nawawi).

Berikut beberapa shalawat yang biasa saya amalkan setiap hari. Saya peroleh dari berbagai sumber dan saya berikan selengkapnya untuk Anda. Semoga bermanfaat dan dapat memberikan amal ibadah bagi siapa saja yang mengamalkannya, serta ikut membagikannya kepada seluruh umat Nabi Muhammad SAW.

Allahumma shalli’alaa sayyidinaa Muhammadin wa man waa lahu’adada maa ta’lamuhu min bad-il amri ilaa muntahaahu wa’alaa aalihi wa shahbihi wa sallim

Artinya:
“Ya Allah, limpahkanlah shalawat dan salam kepada junjungan kami Muhammad dan para pembelanya, sebanyak apa yang Engkau ketahui dari awal semua urusan hingga akhirnya. Juga kepada keluarga dan sahabatnya.”

Penjelasan dan khasiat
Shalawat ini bersumber dari Sayyid Ahmad Ar-Rifa’I r.a. dan dikelompokkan shalawat Al-Jamwami Al-Kawamil (gudang kesempurnaan). Siapa saja yang membaca shalawat ini setelah shalat subuh dengan maksud apa saja, niscaya maksudnya terpenuhi atas izin Allah SWT.

Allahumma shalii’alaa sayyidinaa wa maulaanaa muhammadin manfalaqatil anwaaru illaa bidzaatihi

Artinya:
“Ya Allah, limpahkanlah shalawat dan salam kepada junjungan kami Muhammad yang semua cahaya tak bisa muncul selain karena dirinya.”

Penjelasan dan khasiat
Shalawat ini sangat besar khasiatnya, jika dibaca seribu kali insyaAllah semua keinginannya tercapai.

Iskandar Mochtar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s