Selalu bersyukur

Sahabat-sahabatku,

Izinkan aku berbagi kiriman Pak Idez yang sangat menyejukkan hatiku pagi ini. Semoga bermanfaat dan menambah rasa syukur kita kepada Allah swt.

Aamiin YRA.

💐🌻🌺

Renungan: Jika Aku Menjadi

Sabtu kemarin aku menjemput anakku yang kedua di sekolahnya. Ia mengikuti pelajaran tambahan setiap Sabtu karena ia kelas enam sekolah dasar. Sebagai persiapan ujian nantinya.

Sekitar jam 11.30 WIB aku sudah sampan di sekolahnya. Anakku selesai pelajaran tambahan jam 12.00 WIB. Sambil menunggunya, aku berteduh di warung tenda pinggir jalan di depan sekolahnya. Warung bubur ayam untuk anak-anak sekolah.

Karena sungkan hanya berteduh, maka aku pesan semangkok bubur ayam. Hanya Rp. 5.000 rupiah. Selesai menyantapnya aku tetap duduk di sana menunggu anakku keluar dari kelasnya.

Siang itu, cuaca terik sekali sejak pagi. Sesaat kemudian datangnya penjaja makanan tradisional “ulen” (bahasa Indonesianya uli) ke warung tenda bubur itu. Menawarkan ke si ibu penjual bubur. Lalu dibelilah oleh si ibu sebungkus “ulen” dengan harga Rp. 3.000 rupiah.

Lalu aku bertanya ke si ibu itu, “kenapa ibu membelinya?”. “Ibu kasian sama si mang penjual itu. Sudah tua. Harus berjalan dan berjualan panas-panasan. Kalau saya lebih beruntung. Berjualan di sini”, jawab dengan sederhana.

Ya, begitulah hidup. Andai saja aku bisa selalu berempati. Andai saja aku bisa merasakan menjadi orang lain, pasti aku bisa seperti si ibu penjual bubur itu. Selalu lebih bersyukur akan apa yang aku miliki.

(Bandung, 5 Okt 2013)

💐🌺🌻

Kalau seorang pemilik warung yang sangat sederhana pun bisa selalu bersyukur atas pemberian Allah swt kepadanya, nikmat apalagi yang ingin kita dustakan? Kenapa kita masih saja berburuk sangka dan tak habis-habisnya mengeluh.

Semoga Allah menguatkan hati kita dengan iman, taqwa, sabar dan syukur, sepanjang perjalanan hidup kita.

Semoga Pak Idez yang selalu mengingatkan kita pun selalu diberi kebaikan berlimpah oleh Allah swt, setiap kali tulisan ini dibaca.

Aamiin YRA.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s