Kuku, bulu dan tanduk kurban

Tausiyah malam (masih) dari eLJe🙂

Sahabat-sahabat,

Berkaitan dengan hari Raya Idul Adha, beberapa sahabat bertanya kepada saya sehubungan dengan beredarnya broadcast massage yang mengatakan bahwa orang-orang yang akan berkurban dilarang memotong kuku dan mencukur rambut. Dengan berlandaskan kepada sabda Rasulullah yang diwirayatkan oleh Ummu Salamah.

“Dan jika melihat hilal masuknya bulan Dzulhijjah telah tiba, lalu sebagian dari kalian ingin berqurban, maka hendaklah ia membiarkan rambut dan kukunya”

Hadits diatas ada pada kitab Fiqih Sunnah karya Sayyid Sabiq bab Binatang Qurban. Pada penjelasan di kitab tersebut menjelaskan kata ‘ingin’ yang berarti dalil bahwa berqurban adalah ibadah sunnah, bukan wajib. Dan tidak menjelaskan tentang memotong rambut dan kuku.

Perlu diperhatikan, kata ‘nya’ pada hadits diatas, apakah mewakili orang yang berkurban atau mewakili binatang qurban?

Dengan keterbatasan ilmu, saya mencoba membahas sedikit.

Dibawah ini adalah Sabda Rasulullah yang diwirayatkan oleh Ummu Salamah dan dishahihkan oleh Imam Muslim dan terdapat pada kitab hadits Abu Daud bab Sholat hadits no 1110 dan kitab hadits At Tirmidzi bab Hari Jum’at hadits no 514.

“Barangsiapa mempunyai hewan yang akan dikurbankan dan pada saat itu telah tiba bulan Dzulhijjah, maka ia dilarang mengambil (memotong) bulu dan kuku-kukunya sebelum hewan itu disembelih.”

Hadits diatas sangat masuk akal, karena sangat berhubungan dengan Sabda Rasulullah, dari Siti Aisyah yang dishahihkan oleh At Tirmidzi:

“Tidak ada suatu amalanpun yang dilakukan manusia pada hari Raya Qurban yang lebih dicintai oleh Allah selain dari menyembelih hewa qurban. Sesungguhnya hewan qurban itu kelak di hari kiamat akan datang beserta tanduk-tanduknya, bulu-bulunya, dan kuku-kukunya. Dan sesungguhnya sebelum darah qurban itu menyentuh tanah, ia (pahalanya) telah diterima disisi Allah. Maka beruntunglah kalian dengan semua (pahala) qurban itu. *lihat kitab Fiqih Sunnah karya Sayyid Sabiq bab Binatang Qurban.

Menurut hadits diatas, berqurban adalah ibadah yg sangat disukai Allah. Jadi marilah kita berkurban untuk mendapatkan cinta Allah.

Semoga, hati kita ikhlas untuk berqurban dan Allah menerima amal qurban kita. Aamiin.

Wallahu a’lam.

eLJe
Via Mas Faisal Tjatjo

💐🌻🌺💐🌻🌺💐

Sahabat-sahabatku,

Jadi yang tidak boleh dipotong adalah kuku dan bulu sang kurban, bukan kuku dan bulu kita.

Semoga semua amal ibadah kita di bulan Dzulhijah ini mendapat ridloNya, terutama ibadah kurban kita. Semoga apapun yang kita kurbankan, baik sapi maupun kambing, akan menjadi salah satu penyelamat kita di Hari Pembalasan nanti. Aamiin YRA.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s