Amal kebaikan tanpa iman dan ikhlas: sia-sia

Tausiyah malam (masih) dari eLJe🙂

Sahabat-sahabat yang saya cintai dan bersatu dalam cinta karena Allah.
Sore tadi saya terinspirasi oleh potongan syair lagu yang berbunyi “aku tanpamu..butiran debu..”

Saya membayangkan syair itu dikatakan oleh sesuatu yang bernama ‘amal’ yang mejadi butiran debu karena tak disertai oleh ‘keimanan’.

Banyak kita lihat pada kaum musyrikin atau orang-orang yang tidak beriman dan menyembah Allah, mereka banyak berbuat amal yang secara lahiriah terlihat sebagai kebaikan. Dalam keyakinan mereka, semua amal-amal baik mereka akan bermanfaat ketika hari kiamat datang.

Tapi, dugaan mereka ditampik oleh Allah, dalam firmanNya:

“Dan Kami telah datang menuju amal yang mereka kerjakan, lalu Kami telah menjadikannya debu-debu yang berterbangan” (Al Furqan : 23).

Dari penjelasan diatas, amal orang musyrik dan orang kafir yang secara lahirian baik, akan menjadi sia-sia karena tidak didasari dengan keimanan kepada Allah.

Begitu juga dengan kaum muslimin, kaum yang mengucap dua kalimat syahadat. Semua amal kebaikan yang dilakukan tanpa didasari oleh keimanan kepada Allah, maka amalnya akan sia-sia. Semua amalnya akan tak berarti dimata Allah, bagaikan butiran debu yang berterbangan. Karena iman dijadikan oleh Allah sebagai syarat diterimanya amal-amal baik seseorang. Dan salah satu bentuk keimanan kepada Allah adalah keikhlasan dan perasaan tanpa pamrih.

Jadi, semua amal harus disertai keimanan dan keikhlasan. Karena bila amal kita tidak disertai keimanan dan keikhlasan, maka amal kita akan bernyanyi. ‘aku tanpamu…butiran debu..’🙂

Semoga, semua amal baik selalu kita lakukan dengan ikhlas dan insya Allah diterima olehNya. Aamiin.

Wallahu a’lam.

eLJe
Via Mas Faisal Tjatjo

🌻🌺💐🌻🌺💐🌻

Semoga Kita semua mendasarkan amal ibadah kita pada keimanan kita kepada Allah swt dan keikhlasan ya twends. Dan semoga Allah meridloi semua amal tersebut, dan menjadikannya sebagai jalan menuju surgaNya. Aamiin YRA.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s