Kesenangan yang menjerumuskan

Tausiyah malam (masih) dari eLJe🙂

Sahabat-sahabat,

Allah memperingatkan dalam surat At Takasur tentang bermegah-megahan atau saling memperbanyak kenikmatan duniawi bisa melalaikan kita dari mengingat Allah, hingga tanpa sadar kita akan masuk ke liang kubur.

Bila diteliti dalam Al Qur’an, sedikitknya ada tiga ayat yang menjelaskan faktor-faktor yang bisa melengahkan atau melalaikan manusia dari jalan Allah. Malam ini kita bahas satu ayat yaitu firman Allah pada surat Al Hijr ayat 3:
“Biarkanlan mereka (di dunia ini) makan dan bersenang-senang dan dilalaikan oleh angan-angan (kosong), maka kelak mereka akan mengetahui (akibat perbuatan mereka).”

Ayat diatas menceritakan tabiat orang-orang kafir yang diceritakan Allah kepada Rasulullah. Penjelasannya kurang lebih bahwa tujuan hidup orang-orang kafir sangat berbeda dengan tujuan hidup orang Muslim. Dimana tujuan hidup orang kafir dudunia ini hanyalah makan dan bersenang-senang dalam gemerlapnya duniawi yang mengorbankan kehidupan akhirat serta berangan-angan kosong bahwa kesenangan itu akan berlangsung selamanya.

Jadi, bisa dikatakan bahwa makan-makan dan bersenang-senang dalam kehidupan duniawi adalah awal dari proses melalaikan atau melengahkan manusia dari ajaran Islam, sehinga tanpa sadar manusia terjerumus ke dalam angan-angan kosong bahwa mereka akan senang selamanya bahkan mungkin mereka beranggapan akan masuk surga dengan segala kenikmatan dan kesenangan duniawi yang mereka miliki.

Satu contoh, apakah orang-orang itu, yang demi memenuhi kenikmatan duniawi, melakukan korupsi, lalu sedikit uang korupsi itu dipakai untuk bersedekah, umroh atau zakat akan membawanya ke surga? Mereka boleh berfikir dan berangan-angan seperti itu, tapi Allah kelak akan memberitahu hasil perbuatan mereka di dunia ini.

Semoga, kita dijauhkan dari kelalalian akibat makan-makan dan bersenang-senang serta berangan-angan kosong. Sehingga kita selalu berada di jalan Allah. Aamiin.

Wallahu a’lam.

eLJe
Via Mas Faisal Tjatjo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s