Skip to content

Hadapi masalah dengan taqwa

Assalamualaikum twends,

Selamat hari Minggu. Hari yang indah, cerah ceria dan penuh kegembiraan bersama mereka yang tercinta. Sayangnya, ada saja status-status penuh kegalauan dan keresahan, sedih, down, dan lesu. Sedih, galau wajar, tapi jangan berlarut-larut atau lama-lama, sayang dong waktu yang Allah berikan untuk kita senang, bahagia, sehingga dapat mencari kesempatan beramal sholeh tak akan kembali lagi.

Ada tips untuk mengatasi galau ini. Kita tengok Al Quran yuk, Allah sudah berpesan bahwa kalau mau tenang, tenteram tak galau, ingatlah Allah.

Aku sudah buktikan sendiri lho twends.

Waktu hasil USG menunjukkan indikasi kanker payudara, aku langsung bersimpuh, bersujud di hadapanNya, bertanya kepadaNya, apa pesan dan tugas yang ingin Allah berikan padaku melalui kanker. Aku ingat, bulan -bulan sebelumnya aku berlari kencang mencari amalan yang diridloiNya. Sesuai janjiNya, pasti Allah akan berlari lebih kencang menghampiriku. Seketika itu juga aku yakin apapun yang Allah kasih adalah hadiah. Seketika itu juga aku bersyukur atas hadiahNya itu. Aku yakin Allah punya rencana indah melalui penyakit ini, maka aku merasa bahagia. Aku yakin Allah akan memberikan karunia yang besar bila aku lalui ujian ini dengan sabar dan syukur, maka aku merasa sangat gembira. Aku yakin Allah hanya akan memberikan ujian yang dapat aku tanggung, maka aku merasa tenang dan tenteram.

Jadi, pada saat dokter mengkonfirmasi bahwa aku punya kanker payudara, aku sangat siap menghadapi ujianNya dengan senyum, sabar dan syukur.

Percaya deh, kalau kita terus berpegang pada taliNya di kala susah atau senang, tak pernah kering mulut menyebut namaNya, kita akan selalu bahagia, tenteram, tenang dan damai.

Kita simak yuk pesan Bang Bonar di bawah ini. Semoga kita semua selalu semangat menyongsong hari dengan hati lapang, bahagia, tenteram dan penuh dengan menjaga iman padaNya. Aamiin YRA.

🌷💐🌸❤🌷💐🌸❤🌷

Kehidupan dunia bukanlah sebuah tujuan, melainkan sebuah perjalanan panjang yang penuh dengan ujian dan cobaanNya, dimana segala rasa sedih & gembkra akan datang silih berganti bagai siang dan malam.

Untuk itu senantiasalah mengingatNya [berdzikir], agar hati selalu tenteram dikala menghadapi berbagai ujian atau kejadian apapun, sesuai dengan Firman-Nya dalam Surah Ar-Ra’d ayat 28:

“Hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah-lah Hati akan menjadi tenteram”.

Setiap insan ber-Iman pasti akan diberikan ujian, untuk membuktikan sejauh mana kebenaran dan kesungguhannya.

Allah berfirman:

“Sesungguhnya Kami benar-benar akan menguji kamu” [Muhammad 31].

“Apakah Manusia itu mengira, bahwa mereka dibiarkan saja mengatakan: “Kami telah ber-Iman”, sedang mereka tidak diuji?”. [Al-Ankabuut 2].

“Kami akan menguji kamu dengan Keburukan dan Kebaikan sebagai cobaan yang sebenar-benarnya”. [Al-Anbiyaa 35].

Orang ber-Iman selalu punya cara tersendiri untuk menata hatinya didalam menghadapi berbagai ujian.

Fisiknya mungkin lelah, pikirannya mungkin penat, tapi tidak dengan Hati-nya, karena yakin bahwa setiap ujian pastilah akan sebatas kesanggupan diri.

Begitulah bila seseorang yang beriman dan bertaqwa telah memahami dan meyakini serta mengamalkan semua firman Allah yang termaktub dalam Al-Quran.

Allah berfirman :

“Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya”. [Al-Baqarah 286].

“Kami tidak memikulkan beban kepada seseorang melainkan sekedar kesanggupannya”. [Al-An’am 152].

“Kami tidak memikulkan kewajiban kepada diri seseorang melainkan sekedar kesanggupannya”. [Al-A’raf 42].

“Kami tiada membebani seseorang melainkan menurut kesanggupannya”. [Al-Mu’minun 62].

Semoga kita semua telah mampu menghadapi berbagai macam ujian hidup dengan Ketaqwaan serta Ketenteraman. Aamiin. [BRH].

🌷💐🌸❤🌷💐🌸❤🌷

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: