Berbagi rizki sebagai tanda syukur

Tausiyah malam (masih) dari eLJe🙂

Allah adalah Tuhan yang Maha Kaya. Dia memberikan rizki kepada siapapun hambaNya yang dikehendaki tanpa pernah meminta balasan. Yang Dia minta hanyalah ibadah dari hambanya sebagai bentuk syukur kepadaNya. Walaupun sebenarnya Allah tidak butuh ibadah hambaNya, karena walaupun hambaNya tidak beribadah kepadaNya, hal itu tidak mengurangi ke-Maha Agung-an Allah, tidak mengurangi ke-Maha Kaya-an Allah dan tidak mengurangi ke-Maha Kuasa-an Allah.

Zakat, infaq dan shodaqoh yang diberikan seorang hamba bukanlah untuk Allah. Semua itu adalah bentuk syukur, dan ibadah yang dilakukan hambaNya, hanya akan berguna bagi sang hamba. Karena dengan syukur itu, maka rizki yang sudah diberikan akan ditambahNya.

Allah sudah mengingatkan dalam al Qur’an :”Aku tidak menghendaki dari mereka sedikit rizki pun dan Aku tidak menghendaki mereka memberi Aku makan. Sesungguhnya Allah, Dialah Maha Pemberi Rizki, lagi pemilik kekuatan yg sangat kokoh” (Adz Dzariyat : 57-58)

Ayat diatas menyatakan bahwa Allah tidak akan pernah mengharapkan sedikit rizki pun dari hambaNya karena Allah tidak membutuhkannya. Dan Allah juga tidak menghendaki diberi makan dan sesaji layaknya berhala-berhala sesembahan orang kafir.

Salah satu sifat Allah adalah Ar Razzaq, Imam Ghazali menjelaskan bahwa Allah yang menciptakan rizki dan menciptakan yang mencari rizki, serta Allah pula yang mengantar rizki itu pada mereka dengan menciptakan sebab-sebab memperoleh rizki tersebut, sehingga mahluk dapat menikmati rizki itu.

Jadi, karena Allah yang memberikan rizki, maka tidak sepatutnya kita pelit untuk melakukan ibadah dengan rizki tersebut. Karena rizki yang kita belanjakan dalam rangka ibadah kepada Allah bukanlah untuk Allah, tapi balasan yang baik akan kembali kepada kita dari Yang Maha Kaya.

Wallahu a’lam.

eLJe
Via Mas Faisal Tjatjo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s