Indahnya shalat dan zakat

Kadang-kadang, di kala “masa liburan shalat” aku merasa ada yang hilang, ada yang kurang. Shalat sudah menjadi sebuah kebutuhan, ibarat minuman segar untuk menyiram jiwa yang seringkali dibuat panas dengan berbagai tantangan dan aktivitas sehari-hari. Atau, seperti kata Rasulullah saw, shalat adalah ibarat mandi di sungai, membersihkan diri dari berbagai hal yang membuat kotor badan, hati, pikiran dan jiwa, mensucikan dan menenangkan, membawa kebahagiaan yang hakiki.

Kalau kita gali, Al Quran memang telah memberikan petunjuk bagi kita untuk selalu melaksanakan shalat dalam menghadapi hidup di dunia dengan sabar dan syukur. Shalat pun selalu disandingkan dengan zakat.

Kita simak beberapa aspek penting mengenai shalat dan zakat dalam pesan Bang BRH di bawah ini yuk…

🌷💐🌸❤🌷💐🌸❤🌷

Al-Quran menegaskan pentingnya pelaksanaan shalat dan zakat sebagai kewajiban setiap umat, dan merupakan perkara yang tidak terpisahkan.

Rasulullah pernah bersabda bahwa siapa yang tidak berzakat, maka tidak ada shalat baginya.

•| Shalat

Dikatakan wajib namun masih banyak yang tidak menjalankan atau sekedar menjalankan seingatnya saja, maka mereka akan mendapat kesusahan, diantaranya:

¤ Tidak akan beriman kepadaNya serta tidak akan mendapat rahmatNya.
¤ Tidak akan mendapat rezeki yang halal tapi kaya dari harta yang haram.
¤ Seluruh amalnya tidak diterima.
¤ Selalu mendapat kesusahan walau berkecukupan dalam kekayaan.

•| Zakat

Merupakan kewajiban yang mutlak harus ditunaikan, bila tidak dikerjakan akan menderita di dunia dan akhirat.

“Pada harta-harta mereka ada hak orang miskin yang meminta dan orang miskin yang tidak mendapat bahagian” [Adz-Dzaariyaat 19].

Setelah zakat ditunaikan yang Insya Allah “tumbuh dan berkembang”, barulah kemudian seseorang itu dapat bersedekah.

•| Shalat dan zakat dalam Al Quran

Haruslah dilakukan seimbang sebab akan timpanglah bila salah satunya tidak disempurnakan, namun akanlah terasa keindahan dan kenikmatan bila menjalankannya secara berdampingan.

Allah berfirman:

“Dirikanlah shalat dan tunaikanlah zakat. Dan kebaikan apa saja yang kamu usahakan bagi dirimu, tentu kamu akan mendapat pahalanya pada sisi Allah. Sesungguhnya Allah Maha Melihat apa-apa yang kamu kerjakan” [Al-Baqarah 110].

“Jika mereka bertaubat, mendirikan shalat dan menunaikan zakat, maka mereka adalah saudaramu seagama. Dan Kami menjelaskan ayat-ayat itu bagi kaum yang mengetahui” [At-Taubah 11].

” Dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat, dan taatlah kepada rasul, supaya kamu diberi rahmat” [An-Nuur 56].

Inilah ayat-ayat Al Quran yang mengandung hikmah, menjadi petunjuk dan rahmat bagi orang-orang yang berbuat kebaikan, [yaitu] orang-orang yang mendirikan shalat, menunaikan zakat dan mereka yakin akan adanya negeri akhirat. Mereka itulah orang-orang yang tetap mendapat petunjuk dari Tuhannya dan mereka itulah orang-orang yang beruntung” [Luqman 1-4].

“Orang yang beriman, mengerjakan amal shaleh, mendirikan shalat dan menunaikan zakat, mereka mendapat pahala” [Al-Baqarah 277].

Semoga kita semua termasuk orang yang dapat merasakan keindahan dan kenikmatan dalam melaksanakan kewajiban shalat dan zakat secara berdampingan. Aamiin. [BRH].

🌷💐🌸❤🌷💐🌸❤🌷

2 thoughts on “Indahnya shalat dan zakat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s