Membangun kesabaran dalam susah dan senang

Beberapa hari yang lalu, ada beberapa sahabat yang bertanya tentang bagaimana meningkatkan kesabaran.

Selama ini mungkin kita tahu bahwa kesabaran hanya dibutuhkan ketika kita menghadapi kesulitan. Tapi pada dasarnya, kesabaran juga dibutuhkan ketika kita menghadapi kesenangan.

Adalah sangat wajar kita bersabar pada saat kita tertimpa musibah atau mengalami kesulitan ekonomi atau kegagalan dalam hidup atau terjerembab dalam keterpurukan. Juga sangat wajar bila kita bersabar ketika gagal dalam pekerjaan, gagal dalam rumah tangga, gagal dalam melakukan usaha perniagaan, dll. Tuntutan kesabaran adalah untuk membuat diri kita selalu ingat kepada Allah dan sadar bahwa semua kesulitan itu adalah sebagai cobaan dari Allah. Dan buah dari kesabaran itu adalah pertolongan yg datang dari Allah.

Padahal, kita juga dituntut untuk bersabar ketika kita dalam keadaan senang dan bahagia, atau dalam keadaan makmur secara ekonomi, atau keberhasilan dalam hidup kita yg bisa berupa harta, anak, pasangan hidup, dll.
Kesabaran itu akan membuat kita selalu ingat bahwa semua kesenangan dan keberhasilan yg kita capai adalah berkat rahmat Allah. Sehingga pertologan Allah akan datang agar kita tidak salah langkah dalam menikmati dan menggunakan segala kesenangan itu.

Berapa banyak orang yang justru terpuruk setelah melewati keberhasilan. Berapa banyak orang yang justru hancur setelah diberikan kesenangan. Semua itu disebabkan karena dia lupa kepada Allah.

Lalu, bagaimana cara untuk meningkatkan kesabaran baik dalam keadaan senang ataupun susah? Allah berfirman : “Jadikanlah sholat dan sabar sebagai penolongmu…” (Al Baqarah : 45). Firman Allah yg lain: “Hai orang-orang beriman, mintalah pertolongan kepada Allah dengan sabar dan sholat…” (Al Baqarah : 153)

Dari dua ayat diatas, jelas sekali bahwa sabar sangat berkaitan dengan sholat. Jadi, hanya orang-orang yang sholat dengan baik yang akan mendapatkan kesabaran yang tinggi, karena sholat yang baik dapat terlaksana bila kita mempunyai kesabaran dalam melakukannya.

Jadi, marilah kita gapai pertolongan Allah dengan sabar dan sholat, sehingga pertolongan Allah akan selalu ada untuk kita baik dalam keadaan senang ataupun susah.

Semoga, kita bisa meningkatkan kualitas sholat kita sehingga dapat menambah kualitas sabar kita. Aamiin..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s