Menangkal godaan musuh yang tak terlihat

Twends,

Kita suka berkata, “Hati-hati, dinding ini punya telinga,” untuk menyatakan kewaspadaan kita atas musuh yang bisa menggunakan kata-kata kita sebagai bumerang bagi kita. Sesungguhnya kata-kata itu ada benarnya. Setiap saat kita selalu diintai oleh musuh-musuh yang tak kita ketahui, tak terlihat, tak terdengar, tak terasa. Banyak yang menyangkal keberadaannya, tapi bagi orang-orang yang beriman, musuh ini benar-benar nyata.

Allah memberikan petunjuk dalam Al Quran mengenai musuh yang satu ini, sejarah permusuhan dengan manusia, sifatnya, dan tips untuk menangkal godaan dan hasutannya.

Kita simak yuk, apa saja petunjuk yang Allah berikan mengenai musuh yang satu ini…

🌷💐🌸❤🌷💐🌸❤🌷

Al-Quran menegaskan bahwa Iblis setiap saat selalu siap menggoda dan menghasut manusia agar mereka menjadi sesat, ingkar dan durhaka.

Banyak orang yang nampak shaleh, berbaju islami, berbicara mengenai keimanan dan ketaqwaan, namun pada akhirnya mereka bertekuk lutut pada Iblis.

“Iblis berkata: “Jika Engkau memberi tangguh kepadaku sampai Hari Kiamat, niscaya benar-benar akan aku sesatkan keturunannya, kecuali sebagian kecil” [Al-Israa 62].

Alangkah angkuhnya Iblis yang menyatakan akan menyesatkan semua manusia dengan mudah, karena dia mengetahui sifat dan kelemahannya.

“Iblis berkata: “Aku akan menjadikan mereka memandang baik perbuatan maksiat dimuka bumi, dan pasti aku akan menyesatkan mereka semuanya” [Al-Hijr 39].

Iblispun setiap saat selalu siap menggoda manusia dari empat penjuru utama.

“Iblis menjawab: “Karena Engkau telah menghukum saya tersesat, saya benar-benar akan menghalang-halangi mereka dari jalan Engkau yang lurus, kemudian saya akan mendatangi mereka dari muka, dari belakang mereka, dari kanan dan dari kiri mereka” [Al-A’raaf 16-17].

Untuk melawan Iblis, Manusia jelas tidak akan mampu melakukannya sendiri, hanya dengan memohon perlindungan dan pertolonganNya mereka akan mampu untuk melawannya.

Berikut adalah petunjuk untuk menangkal godaan iblis:

•| Pahami dan amalkan semua perintahNya yang termaktub dalam Al-Quran.

“Al-Quran adalah pedoman bagi Manusia, petunjuk dan rahmat bagi kaum yang meyakini” [Al-Jaatsiyah 20].

“Al-Quran ini adalah penjelasan yang sempurna bagi Manusia dan supaya mereka diberi peringatan dengannya”. [Ibrahim 52].

“Al-Quran ini adalah penerangan bagi seluruh Manusia, dan petunjuk serta pelajaran” [Ali-Imran 138].

•| Selalu mengingat Allah.

“Ingatlah Aku, Aku akan ingat pula kepadamu” [Al-Baqarah 152].

“Bila kamu telah menyelesaikan shalatmu, ingatlah Allah diwaktu berdiri, diwaktu duduk dan diwaktu berbaring”. [An-Nisaa 103].

Semoga kita semua senantiasa berada dalam lindunganNya. Aamiin. [BRH].

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s