Berbagi itu nikmat dunia akhirat

Twends,

Kadang-kadang kalau kita lihat, banyak orang yang rela membeli tas berjuta-juta, tapi enggan mengeluarkan jumlah yang sama untuk amplop sedekah, atau makan di restoran yang mahal, namun malas menyumbang jumlah yang sama untuk masjid dan anak yatim.

Seringkali kegiatan sedekah dianggap sebuah sampingan seadanya. Kalau ada sisa disumbangkan, kalau tidak ya sudah. Tas dan makan mahal di tempat mahal lebih prioritas, seakan manfaat tas bergengsi dan makan di tempat berkelas membawa manfaat lebih tinggi daripada sedekah.

Nah, coba kita teliti lagi manfaat sedekah bagi yang memberi. Nanti kita bisa lihat bahwa sedekah – setelah zakat ditunaikan – akan memuluskan jalan kita menuju surga, kenikmatan abadi di mana tas dan tempat makan mahal, atau apapun kemewahan dunia, menjadi kecil sekali artinya. Kita pun bisa melihat bahwa penting sekali menjadikan sedekah sebagai prioritas, investasi yang sangat berharga untuk menggapai kenikmatan yang abadi.

Yuk, kita simak yuk…

🌷💐🌸❤🌷💐🌸❤🌷

Bersedekah adalah sebuah amalan yang tinggi nilainya, namun baru dapat dikatakan sempurna ketika zakat telah ditunaikan, oleh sebab itu tunaikanlah zakat sebelum bershadaqah.

“Kesuksesan itu bukan pada seberapa banyak harta dan kekayaan yang berhasil kita kumpulkan, namun seberapa besar shadaqah yang telah kita berikan pada orang-orang yang memang membutuhkannya”. [BRH-2009].

Dalam bershadaqah, siapakah yang lebih berbahagia, apakah si penerima shadaqah ataukah justru si pemberi?

Si penerima berbahagia secara dunia, namun si pemberi akan berbahagia secara akhirat, karena ia telah menyempurnakan kebajikannya.

“Kamu sekali-kali tidak sampai kepada kebajikan yang sempurna, sebelum kamu menafkahkan sebahagian Harta yang kamu cintai” [Ali-Imran 92].

Al-Quran menjelaskan manfaat dari bershadaqah diantaranya ialah:

¤) Mendapat balasan berlimpah.

“Perumpamaan orang-orang yang menafkahkan hartanya dijalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir: seratus biji. Allah melipat gandakan ganjaran bagi siapa yang Dia kehendaki” [Al-Baqarah 261].

¤) Mendapat Pahala.

“Siapakah yang mau meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, maka Allah akan melipat gandakan pembayarannya kepada mereka, dan bagi mereka pahala yang banyak” [Al-Hadiid 18].

¤) Mendapat Ampunan.

“Jika kamu meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya Allah akan melipat gandakan pembalasannya kepadamu dan mengampuni kamu”. [At-Taaghabun 17].

Sebab itu perbanyaklah beramal shaleh yang satu ini, sebelum datangnya waktu kematian.

“Apabila datang kematian kepada seseorang dari mereka, dia berkata: “Ya Tuhanku, kembalikanlah aku ke dunia, agar aku dapat berbuat amal shaleh terhadap yang telah aku tinggalkan” [Al-Mu’minuun 99-100].

Semoga kita semua mampu menggapai dan merasakan manfaat dan indahnya berbagi mumpung masih ada waktu dan nafas. Aamiin. [BRH].

🌷💐🌸❤🌷💐🌸❤🌷

Yuk, kita investasi banyak-banyak untuk nikmat di akhirat yuk. Semoga Allah memberi kekuatan dan kemudahan bagi kita semua untuk terus berbagi dan menikmati indahnya berbagi di dunia dan akhirat. Aamiin YRA.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s