Kebenaran vs kebathilan

Tausiyah malam (masih) dari eLJe🙂

Sahabat-sahabat,
sebagaimana kita pelajari sejak kecil bahwa kebenaran akan mengalahkan kejahatan atau sesuatu yang haq akan mengalahkan yang bathil.

Hal ini sudah di beritakan oleh Allah dalam Al Qur’an :
” Sebenarnya Kami menurunkan yang haq kepada yang bathil lalu yang haq itu menghancurkannya, maka dengan serta merta yang bathil itu lenyap” (Al Anbiyaa :18).

Kita tahu bahwa di dunia ini ada dua kelompok besar kehidupan yaitu kelompok yang haq dan kelompok yang bathil. Apapun yang ada di dunia ini pasti termasuk salah satu dari dua kelompok tadi.
Bagi seorang mukmin, segala sesuatu yang sesuai dengan ajaran Allah yang tertuang dalam Al Qur’an dan diajarkan serta dicontohkan oleh Rasul, adalah masuk kelompok yang haq atau kebenaran. Sedangkan segala yang berlawanan dengan ajaran Allah dan Rasulnya, adalah kelompok bathil.

Perangkat untuk memerangi kebathilan sudah disiapkan oleh Allah yaitu Al Qur’an, dan strategi memerangi kebhatilan sudah dicontohkan oleh Rasulullah. Tapi, dalam kehidupan ini kita bisa lihat bahwa kebenaran tak selalu sukses menghapuskan kebathilan.

Mengapa hal itu terjadi? Jawabannya adalah karena banyak orang yang mencampur-adukkan antara kebenaran dan kebathilan.

Contohnya, kita menginginkan anak-anak kita sholat tepat waktu, tapi di saat yang bersamaan kita biarkan anak-anak kita menonton televisi setelah azan berkumandang. Kita menginginkan anak-anak kita menjadi anak sholeh dalam akhlak dan akal, tapi kita beri makan anak-anak kita dari rizki yang haram. Kita menginginkan keluarga kita sakinah mawaddah dan rahmah, tapi disaat yang bersamaan tidak pernah ada suara orang mengaji di rumah kita, tidak pernah ada sholat berjamaah penghuni rumah, dll. Begitu juga yang terjadi dalam kehidupan di negara ini. Banyak penegak kebenaran yang justru memasukkan kebathilan dalam usahanya. Seperti kita tahu, pengadaan Al Qur’an yg seharusnya membuat ummat cinta akan kebenaran, justru dikorupsi oleh oknum berakal busuk. Pengadaan sarana dan kebutuhan ummat justru di korupsi oleh orang-orang yang notabene mengetahui ajaran Islam., dll.

Jadi…
dengan berbekal Al Qur’an dan teladan Rasul, mari kita tanamkan kebenaran sehingga hancurlah kebathilan. Paling tidak untuk diri sendiri dan orang-orang dekat kita. Karena bila kita tidak berada dalam kebenaran, maka kita justru akan hancur dalam kebathilan. Naudzubillahi min dzalik.

Semoga, Allah memberikan hidayah danpetunjukNya bagi kita sehingga kita termasuk orang-orang yang berdiri dalam kebenaran. Aamiin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s