Hidup ekonomis ala Quran

Sahabat-sahabat,

Allah mengajarkan ummatNya untuk tidak berlebihan dalam membelanjakan hartanya, tapi ada beberapa orang yang menafsirkan ‘tidak berlebihan’ sebagai ‘kikir’, Sehingga dia terkesan menjadi orang pelit dalam kehidupannya.

Padahal yang Allah ajarakan adalah hidup secara ekonomis. Hidup secara ekonomis adalah ahklak yang terpuji, yang lahir dari dua ahlak yaitu adil dan hikmah. Dengan adil seseorang mengambil jalan tengah antara menahan diri dan melepaskan diri dalam membelanjakan hartanya. Dan dengan hikmah seseorang meletakkan masing-masing keperluan itu pada tempatnya. Hikmah bisa dimaksudkan juga bahwa seseorang bisa membedakan antara kebutuhan dan keinginan.

Misalnya, bila sesorang membutuhkan mobil untuk alat transportasinya, maka dia harus memenuhi akhlak adil dan hikmah, akhlak adil yaitu biaya yang dikeluarkan untuk membeli mobil tidak boleh mengganggu kehidupan keuangan keluarga, dan akhlak hikmah yaitu mobil yang dibeli hanya sesuai kebutuhannya saja sebagai alat transportasi. Umpamanya, membeli mobil kelas mobil keluarga lebih baik daripada membeli mobil sedan mewah. Inilah contoh dengan apa yang dimaksudkan membelanjakan harta dengan adil dan hikmah.

“Dan orang-orang yang apabila membelanjakan (harta) mereka tidak berlebih-lebihan dan tidak pula kikir, dan adalah (pembelanjaan itu) ditengah-tengah antara yang demikian” (Al Furqan : 67).

Ayat diatas adalah petunjuk Allah untuk hidup membelanjakan harta secara tidak berlebihan tapi juga tidak kikir. Dan Allah telah menganjurkan kita untuk meninggalkan pola hidup konsumerisme. Bila kita lihat saat ini banyak sekali iklan-iklan membujuk kita untuk membeli hal-hal yang kita inginkan walaupun sebenarnya tidak kita butuhkan.

Semua, kita bisa membelanjakan harta kita dengan cara yang adil dan hikmah. Aamiin.

Wallahu a’lam.

eLJe
Via Mas Faisal Tjatjo

2 thoughts on “Hidup ekonomis ala Quran

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s