Ayat kursi

Tausiyah malam (masih) dari eLJe🙂

(1) Allah (2) Tidak ada Tuhan (penguasa Mutlak yang berhak disembah) kecuali Dia (3) Yang Maha Kekal (4) Yg terus menerus mengurus mahlukNya (5) Dia (6) Tidak dikalahkan oleh kantuk dan tidak tertidur (7) kepunyaanNya (8) apa yang ada di langit dan di bumi (9) tiada yang dapat memberi syafaat di sisiNya (10) tanpa izinNya (11) mengetahui apa-apa yang dihadapan mereka dan dibelakang mereka dan mereka tidak mengetahui sesuatu dari ilmuNya (12) melainkan apa yang dikehendakiNya (13) ilmu/kekuasanNya (14) meliputi langit dan bumi (15) Dia tidak lelah memelihara keduanya (16) Dia Maha Tinggi (17) lagi Maha Besar

Sahabat-sahabat,

perhatikan kalimat diatas. Ada 17 kalimat yang kesemuanya menunjukkan sifat-sifat Allah.

Bila kita perhatikan, urutan kalimat-kalimat diatas sangat indah tersusun akan dapat menambah keimanan kita : bahwa Allahlah yang memelihara dan melindungi kita, bahwa Allah tidak pernah lelah dan merasa berat mengatur kehidupan kita termasuk memberikan rizki, cobaan, dll karena Allah Maha Mengetahui. Bahwa Allah jugalah yang mengijinkan syafaat dari sisiNya untuk kita, dan bahwa kekuasaanNya sangat luas. Dan 3 kalimat terakhir diatas, Allah mengatakan bahwa Dia adalah Maha Tinggi dan Maha Besar menunjukkan bahwa manusia yang dalam kehidupan ini selalu berusaha meraih ketinggian dan kebesaran pada hakikatnya tidak akan menyamain keTinggian dan keBesaran Nya.

Sahabat-sahabat,
Kalimat-kalimat diatas adalah sebagian dari arti ayat kursi (Al Baqarah ; 255) yang mungkin sering kita dengar dan kita baca.

Banyak ulama mengatakan bahwa ayat Kursi adalah ayat memohon perlindungan kepada Allah. itu bisa benar karena ayat kursi ada 17 kalimat/kata yang semuaNya menunjuk kepada Allah, para ahli tafsir mengaitkan jumlah ini sama dengan jumlah rakaat dalam sholat sehari semalam. Semua gerakan dan bacaan dalam sholat hanya ditujukan kepada Allah. Jadi bagi orang-orang yang selalu membaca ayat Kursi dan menghadirkannya dalam kehidupan, insya Allah akan terjaga, terpelihara dan terlindungi dari segala hal buruk di dunia ini.

Segala kegunaan ayat Kursi hanya akan berlaku bagi orang-orang yang sholat sebagai bukti penyembahan kepada Tuhan dan tidak ada sesembahan lain selain Allah, seperti yang tertera pada awal ayat.

Wallahu a’lam.

eLJe
Via Mas Faisal Tjatjo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s