Jumat

Selamat hari Jumat teman-teman.
Inilah hari yang harus kita manfaatkan dan muliakan. Persis seperti kita memuliakan bulan Ramadlan, sebagai bulan mulia sepanjang tahun, maka hari Jumat adalah hari mulia sepanjang minggu.

Kita simak pesan Bang Bonar tentang Hari Jumat yuk….

🌷💐🌸❤🌷💐🌸❤🌷

Permulaan hari Jumat dimulai sejak waktu maghrib di hari Kamis, karena awal dari sebuah hari dalam Islam dihitung sejak terbenamnya matahari.

Hari Jumat adalah hari istimewa dibanding dengan hari-hari lainnya, seperti layaknya bulan Ramadhan diantara bulan-bulan lainnya.

Rasulullah bersabda:
“Hari yang terbaik dimana matahari terbit atasnya adalah hari Jumat”.

Al-Quran menegaskan kemuliaan hari Jumat dalam Surah Al-Jumu’ah ayat 9:

“Hai orang-orang yang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat pada hari Jumat, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah, dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui”.

Sungguh nikmat ketika Allah memanggil orang-orang yang beriman agar meninggalkan segala kegiatan apapun diwaktu shalat Jumat tiba.

Allah berfirman:

“Apabila telah ditunaikan shalat, maka bertebaranlah kamu dimuka bumi, dan carilah Karunia Allah, dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung” [Al-Jumu’ah 10].

Hari Jumat adalah satu-satunya nama hari yang dijadikan nama sebuah surah dalam Al-Quran [Surah Al-Jumu’ah] dan seringkali disebut sebagai pemimpin minggu, oleh sebab itu perbanyaklah berdoa.

Rasululah bersabda: “Sesungguhnya pada hari Jumat, terdapat satu waktu yang tidaklah seorang hamba berdoa memohon kebaikan kepada Allah melainkan Dia akan mengabulkannya”.

Guna menyongsong kemuliaan hari Jumat, maka perbanyaklah kegiatan beribadah seperti: membaca Al-Quran, shalat malam, shalawat, shadaqah serta amalan lainnya, dan bagi kaum laki-laki diwajibkan melaksanakan shalat Jumat.

Tanpa amalan-amalan tambahan tersebut, maka hari Jumat tidaklah istimewa karena akan sama halnya seperti hari-hari lainnya.

Semoga malam Jumat selanjutnya tidak lagi dipahami sebagai mitos yang menyeramkan, sebaliknya justru dipandang sebagai malam yang indah, malam untuk menuai pahala dan kebajikan dengan memperbanyak waktu beramal Shaleh. Aamiin. [BRH].

🌷💐🌸❤🌷💐🌸❤🌷

Terima kasih Bang Bonar. Semoga hari ini tidak lewat tanpa dihiasi dengan berbagai ibadah dan doa.
Dan semoga semua amal ibadah kita diridloiNya, mendekatkan kita semua pada surgaNya. Aamiin YRA.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s