Iman: kepercayaan, perkataan, perbuatan

Seorang sahabat pernah bertanya, apakah ciri-ciri seorang mukmin?

Sebenarnya penjelasan tentang ini sangat luas, dan saya akan coba menjelaskan sedikit yang saya tahu. Semoga berguna.

Pengertian tentang iman adalah percaya kepada kepada Allah, malaikat-malaikat Allah, rasul-rasul Allah, kitab-kitab Allah, hari kiamat dan qadha/qadar dari Allah.

Ali ibn Abi Thalib berkata :”Iman itu ucapan dengan lidah, kepercayaan yang benar dengan hati dan perbuatan dengan anggota badan.”

Aisyah r.a berkata :”Iman kepada Allah itu mengakui dengan lisan dan membenarkan dengan hati dan mengerjakan dengan anggota badan.”

Imam Al Ghazali berkata :”Iman itu adalah pengakuan dengan lisah (lisan), lalu membenarkan pengakuan itu dengan hati dan mengamalkannya dengan anggota badan.”

Jadi, setelah berucap dan membenarkan dengan hati, tingkat keimanan seseorang dapat dilihat dari apa yang dilakukan oleh anggota badannya.

Lisan, hati dan kelakuan adalah tiga hal yang berkaitan. Bila lisan tidak mau mengucapkan bahwa kita beriman, itu tandanya kita termasuk orang kafir atau musyrik. Bila lisan kita berucap tapi hati tidak membenarkan dan kelakuan kita jauh dari jalan Allah, maka kita termasuk golongan orang-orang munafik.

Allah yg paling mengetahui keimanan seseorang, seperti firmanNya : “Diantara manusia ada yang mengatakan, ‘kami berman kepada Allah dan Hari Kemudian’, padahal mereka itu sesungguhnya bukan orang-orang beriman” (Al Baqarah : 8).

Semoga kita bisa menjaga tiga hal diatas (lisan, hati, perbuatan) sehingga keimanan kita tetap terjaga. Aamiin.

eLJe
Via Mas Faisal Tjatjo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s