Berbagi yuk berbagi

Twends, sebenarnya topik ini sudah beberapa kali dibahas di blog ini, tapi tak ada salahnya aku ulang lagi pesan Bang Bonar untuk berbagi, berbagi dan berbagi.

Berbagi yang tidak membuat kita berkurang nikmatnya, justru menambah nikmat lahir batin, dunia akhirat.

Semoga bermanfaat ya…..

🌻💐🌺🌻💐🌺🌻
.

Al-Quran menjelaskan ketidaksempurnaan sebuah amal
shaleh sebelum kita bershadaqah, namun tentunya setelah ditunaikannya perkara yang fardhu, yakni zakat.

“Kamu sekali-kali tidak sampai kepada Kebajikan yang sempurna, sebelum kamu menafkahkan sebahagian harta yang kamu cintai” [Ali-Imran 92].

Al-Quran menegaskan bahwa bershadaqah itu akan mendatangkan keuntungan bagi yang melakukannya, yaitu balasan atau ganjaran yang berlimpah.

“Perumpamaan nafkah yang dikeluarkan oleh orang-orang yang menafkahkan hartanya dijalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh butir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah akan melipatgandakan ganjaran bagi siapa yang Dia Kehendaki” [Al-Baqarah 261].

Bershadaqah adalah sebuah amalan utama yang bila dilakukan dengan baik, selain akan mendapat balasan atau ganjaran yang berlimpah, maka akan pula memperoleh pahala dan ampunanNya.

“Siapakah yang mau meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, maka Allah akan melipat-gandakan balasan pinjaman itu untuknya, dan dia akan memperoleh pahala yang banyak” [Al-Hadiid 11].

“Jika kamu meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya Allah melipat gandakan pembalasannya kepadamu dan mengampuni kamu” [At-Taghaabun 17].

Ingatlah akan janji Allah bagi orang yang beriman dan beramal shaleh.

“Allah telah menjanjikan kepada orang-orang yang beriman dan beramal shaleh, bahwa untuk mereka ampunan dan pahala yang besar” [Al-Maaidah 9].

Demikianlah aturan-aturan Allah yang termaktub dalam Al-Quran, namun kebanyakan manusia memang tidak beriman kepadanya.

“Ini adalah ayat-ayat Al-Quran. Dan kitab yang diturunkan kepadamu daripada Tuhanmu itu adalah benar, akan tetapi kebanyakan manusia tidak beriman kepadanya” [Ar-R’ad 1].

Semoga kita dapat merasakan keindahan serta kenikmatan bila berbagi, demi kebaikan dan kebahagiaan kita baik di dunia maupun di akhirat kelak. Aamiin. [BRH].

🌻💐🌺🌻💐🌺💐

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s